Personel Polresta Banyuwangi disiram air bunga dalam ritual kenaikan pangkat, Senin (4/7/2022) pagi..
Sumber :
  • tvone - happy oktavia

Naik Pangkat, 77 Anggota Polresta Banyuwangi Dapat Siraman Air Bunga

Senin, 4 Juli 2022 - 13:27 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Sebanyak 77 anggota Polresta Banyuwangi naik pangkat. Mereka yang pangkatnya dinaikkan satu tingkat menjalani ritual khusus, yaitu disiram air bunga, Senin (4/7/2022) pagi. Tradisi ini bertujuan agar anggota Polisi yang naik pangkat bisa memiliki hati dan jiwa yang wangi dalam menjalankan tugas. 

Prosesi kenaikan pangkat diawali dengan apel di halaman Mapolresta Banyuwangi. Prosesi dilanjutkan dengan penyiraman satu per satu anggota yang naik pangkat. Sebelum disiram, anggota diminta bersujud syukur. Selain air bunga, anggota yang naik pangkat juga disiram dengan air. 

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa mengatakan tradisi penyiraman air bunga mirip dengan nama Banyuwangi. Yaitu, air yang wangi. Harapannya, dengan kenaikan pangkat, anggotanya bisa makin profesional dalam bertugas.

"Dengan naik pangkat, jiwa dan hatinya makin wangi dalam bertugas. Kita simbolkan dengan penyiraman air bunga yang wangi," kata Kapolresta. 

Anggota Polresta Banyuwangi yang mendapat kenaikan pangkat terdiri dari 74 bintara dan 1 perwira. Sisanya, PNS yang berdinas di Polresta dan Polsek.  Kenaikan pangkat ini menjadi kado bertepatan HUT Bhayangkara ke -76.

"Mereka yang naik pangkat bukan sekadar hadiah, tapi benar-benar melalui seleksi dan pemeriksaan ketat. Jadi, bersih dan melalui catatan kedinasan, " jelasnya. 

Mereka yang naik pangkat selanjutnya mengisi posisi sesuai dengan kepangkatan masing-masing.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral