Korban tewas saat di kamar mayat RSUD Ibnu Sina Gresik.
Sumber :
  • IST

Nasib Pilu Kru Kapal Tongkang Tewas Tertimpa Muatan Kapal di Perairan Bawean Kabupaten Gresik, Sempat Terdengar Dentuman

Senin, 11 Juli 2022 - 16:55 WIB

Gresik, Jawa Timur- Seorang anak buah kapal (ABK) kapal tongkang muatan tiang pancang dan tiang listrik tewas di perairan Bawean, usai kapal yang ditumpanginya diterjang ombak besar dan cuaca buruk saat di tengah perjalanan dari pelabuhan Gresik menuju Banjarmasin. Korban diketahui bernama Mahmud (32) asal Kota Medan, Sumatera Utara.

Informasi yang dihimpun, insiden kecelakaan laut itu terjadi pada Jumat kemarin, (8/7/2022). Awalnya kapal tongkang MR 01 ditarik kapal tug boat (TB) sekitar pukul 09.15 WIB dari pelabuhan Gresik menuju pelabuhan Banjarmasin. 

Namun, sekitar pukul 14. 37 WIB, kapten kapal tug boat MR 801 yang bernama Basuni tiba-tiba mendengar dentuman.

Akibat kerasnya dentuman dari dalam tongkang mengakibatkan tiang pancang jatuh dari tongkang. Ditambah lagi saat itu juga terjadi ombak cukup besar. Sontak sang kapten pun hendak menyelamatkan tongkang yang sudah posisi miring. 

"Kapten pun memutarbalikkan kapal tug boat untuk menyelamatkan kru di kapal tongkang. Dua kru Ririn dan Abdur Rahman sebagai kelasi tongkang berhasil menyelamatkan diri. Dengan menceburkan diri ke laut,” ungkap Kanit Satpolairud Bawean Bripka Sodiq Susanto, kepada awak media, Minggu (10/7/2022). 

Sedangkan akibat kejadian itu, satu kru kapal bernama Mahmud tidak terselamatkan. Muatan tongkang yang berjatuhan itu pun menimpa korban yang merupakan kelasi tongkang, hingga kedua kakinya terjepit di crane tongkang. Korban langsung meninggal di tempat.

“Kedua kaki korban terjepit alat pemindah barang. Hingga korban mengalami patah kedua kakinya dan meninggal di tempat, ” jelasnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral