sebanyak 7862 benih lobster dilepasliarkan di Selat Bali.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Cegah Kepunahan, Ribuan Benur Lobster yang Diamankan Petugas, Dilepasliarkan di Selat Bali

Rabu, 13 Juli 2022 - 18:54 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Sebanyak 7862 benih lobster dilepasliarkan di Selat Bali, Rabu (13/7). Spesies laut dilindungi ini hasil sitaan personel TNI AL Banyuwangi dari pelaku penjual ilegal. 

Pelepasan benih lobster ini disaksikan petugas Balai Karantina Perikanan Banyuwangi. Benih lobster yang dilepasliarkan terdiri dari dua spesies langka. Masing-masing spesies mutiara dan lobster pasir. Dua spesies ini paling banyak ditemukan di perairan selatan Banyuwangi. 

Khawatir mati jika disimpan terlalu lama, personel TNI AL Banyuwangi memilih melepasliarkan benih lobster ke habitatnya.

“Ini hasil penangkapan aksi penjualan benih lobster, Selasa (12/7) malam. Pelakunya kabur, hanya barang bukti benih lobster yang kita amankan. Sekarang langsung dilepasliarkan di perairan Selat Bali,” kata Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori melalui Palaksa, Mayor Laut (T) Hari  Handoko, Rabu (13/7). 

Menurutnya, baby lobster ini nilainya sangat fantastis, sekitar Rp80 juta. Jika dilepasliarkan, harapannya akan kembali hidup dan mencegah kepunahan. Apalagi, perairan Selat Bali cukup familiar bagi pertumbuhan spesies lobster. Benih lobster tersebut dikemas dalam 54 bungkus plastik berisi oksigen. Kuat dugaan, siap dikirimkan ke luar daerah. 

“Kami lepasliarkan di belakang Mako Lanal, ini masuk perairan Selat Bali yang ramah dengan ekosistem laut,” jelas Mayor Hari.

Ketika dilepasliarkan, kondisi benih lobster tersebut masih terlihat segar, sehingga potensi hidupnya sangat besar. Seluruhnya dilepasliarkan serempak. Pelepasan barang bukti benih lobster ini juga mendukung pelestarian ekosistem di Selat Bali.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral