Jemaah Haji Kloter Pertama Surabaya.
Sumber :
  • Tim tvOne/ M Sandi Irwanto

Kloter Pertama Debarkasi Surabaya Tiba di Juanda, Jemaah Haji Disemprot Disinfektan hingga Swab

Minggu, 17 Juli 2022 - 13:03 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Debarkasi Surabaya tiba di  Asrama Haji Sukolilo melalui Bandara Internasional Juanda, Minggu (17/7/2022) pagi. Kloter pertama asal Tuban itu tiba dengan pesawat Saudi Arabia Airlines nomor penerbangan SV 5004.

Usai mendarat di bandara Juanda, para Jemaah Haji ini langsung dibawa ke Asrama Hhaji sukolilo Surabaya. Setibanya di asrama haji Sukolilo mereka langsung masuk ke dalam gedung Musdalifah untuk melewati serangkaian pemeriksaan kesehatan. Diantaranya harus melewati mesin skrining suhu tubuh.

Abdul Haris, Sekretaris PPIH Jatim saat ditemui di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, menyampaikan bahwa tindakan pemeriksaan kesehatan pada jemaah haji dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Sesuai dengan arahan dari Bu Gubernur, PPIH bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan petugas yang tergabung di Satgas Covid 19, berupaya dalam pencegahan Covid. Jemaah melewati mesin skrining suhu tubuh saat di Asrama Haji Debarkasi Surabaya. Bahkan tahun ini ada yang beda. Tim dari BPBD Jatim juga turun melakukan disinfeksi,” ungkapnya.

Disinfeksi akan dilakukan pada jemaah, barang bawaan jemaah, serta bis yang membawa jemaah. Bis akan didisfeksi sebelum dan sesudah digunakan penjemputan.

Lebih lanjut Abdul Haris menyampaikan bahwa jemaah juga akan melewati test PCR atau swab antigen. 

“Bagi yang suhu badannya diatas 37,5° C atau memiliki gejala batuk, pilek, pusing akan di dilakukan PCR. Sedangkan bagi jemaah lainnya  dilakukan swab antigen,” terang Haris.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral