Warga menangkap babi hutan yang masuk ke perkampungan Desa Tembokrejo, Muncar, Banyuwangi, Selasa (19/7/2022).
Sumber :
  • Happy Oktavia

Geger, Babi Hutan Masuk ke Perkampungan Warga Pesisir Banyuwangi

Selasa, 19 Juli 2022 - 20:57 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Warga Dusun Kalimoro, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, geger, Selasa (19/7/2022) siang. Seekor babi hutan mendadak masuk ke perkampungan. Warga sempat menduga binatang liar tersebut adalah babi ngepet.

Babi yang ditemukan warga ini berukuran cukup besar. Tubuhnya gemuk, berbulu hitam lebat. Saat ditemukan, babi hutan ini berkeliaran di areal perkampungan padat penduduk. Kebetulan, lokasinya tak jauh dari wilayah pesisir Muncar.

Kedatangan babi liar ini langsung membuat warga ketakutan. Mereka ramai-ramai memburunya. Setelah melakukan kucing-kucingan, babi dewasa ini berhasil ditangkap. Warga kemudian menyerahkannya ke Polsek Muncar.

“Sudah diserahkan warga ke Polsek. Selanjutnya, kami koordinasikan dengan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA),” kata Kapolsek Muncar, AKP Ali Imron.

Video masuknya babi hutan ke perkampungan ini sempat viral di sejumlah media sosial. Dalam video, tampak warga berkerumun melihat babi yang terlihat kebingungan. Babi tersebut berusaha lari di sela lorong perkampungan. Warga terus mengejarnya hingga akhirnya ditangkap.

Asal-usul babi hutan tersebut masih misterius. Dugaannya, datang dari kawasan hutan Sembulungan. Lokasinya hanya beberapa kilometer dari perkampungan warga. Diduga, babi tersebut berenang hingga mendapati daratan. Kebetulan, kondisi laut sedang surut. Sehingga, tak menyulitkan binatang itu menyeberangi lautan. Begitu ke daratan, langsung berlari ke perkampungan. 

“Kalau asal-usulnya belum tahu. Yang jelas sudah ditangkap, akan kita serahkan ke BKSDA,” jelas Kapolsek. (hoa/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral