Dua personel TNI AL berenang menaklukan Selat Bali, Selasa (19/7/2022) siang.
Sumber :
  • tvone - happy oktavia

Kampanye Anti Sampah, 2 Prajurit TNI AL Berenang Taklukkan Selat Bali

Rabu, 20 Juli 2022 - 06:57 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Dua anggota TNI AL melakukan aksi heroik di Banyuwangi. Mereka berenang mengarungi ganasnya ombak Selat Bali, Selasa (19/7/2022) siang. Aksi ini dilakukan serangkaian kampanye anti sampah. Dua prajurit  membanggakan itu masing-masing, Kelasi Kepala (Klk) Edward Aji (31) dan Kelasi satu (Kls) Leorudolf  Zega (26). Keduanya dari Koarmada I Jakarta.

Meski persiapannya cukup singkat, kedua pasukan elit ini dengan mudah mengarungi Selat Bali. Mereka hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 25 menit. Start berenang dimulai dari pesisir Pulau Menjangan, Bali barat. Kemudian, dengan gaya bebas dan kecepatan sedang, keduanya menyusuri perairan penghubung Jawa-Bali ini. Selama beraksi, tim SAR dan sebuah KRI ikut melakukan pengawalan.

Ombak yang ganas dan kuatnya arus laut sempat membuat keduanya terbawa ke arah selatan. Namun, dengan pengalaman yang dimiliki, keduanya dengan mudah sampai di garis finish, tepat di ujung barat Selat Bali. Tepatnya, di pantai Grand Watudodol.

“Kami diperintah dari Jakarta ikut mengarungi Selat Bali untuk kampanye tanpa sampah, mengawal seorang aktivis lingkungan. Arus laut  disini memang cukup kuat dan menyulitkan,” kata Klk. Edward Adji usai berenang.

Menaklukan Selat Bali menjadi pengalaman pertama bagi dua prajurit pemberani ini. Sebelumnya, mereka pernah menggelar aksi serupa di Selat Madura. Namun, arusnya tidak seganas di Selat Bali. Meski, jarak tempuhnya lebih jauh.

“Arus Selat Bali memang sangat kuat. Kami sempat terbawa,” jelas Edward yang juga atlet ini.

Komandan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P). Ansori menegaskan kegiatan dua personel TNI AL ini adalah bagian dari kampanye lingkungan. Aksi ini mengikuti aktivis yang menggelar aksi sosial dari Bali ke Jakarta.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral