Pelaku dan belasan motor curian diamankan di Mapolresta Banyuwangi.
Sumber :
  • tvone - happy oktavia

Sindikat Curanmor Penonton Kuda Lumping di Banyuwangi Dibekuk, Polisi Amankan 19 Motor Curian

Rabu, 20 Juli 2022 - 07:08 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur- Sindikat pencurian sepeda motor (curanmor) berhasil dibekuk tim buru sergap (buser) Polresta Banyuwangi. Empat pelaku ditangkap, 19 motor hasil curian diamankan. Para pelaku beraksi enam bulan terakhir di 19 TKP.

Dari keempat pelaku, dua diantaranya bertugas sebagai eksekutor. Masing-masing berinisial SAP (22) warga Cluring dan RY (20), warga Tegalsari, Banyuwangi. Dua pelaku lagi berperan sebagai penadah. Mereka berinisial HP (46) dan AS (42), keduanya asal Jember, Jawa Timur.

Terungkapnya jaringan curanmor ini berawal dari banyaknya laporan hilangnya motor di tempat hiburan kuda lumping. Polisi kemudian melakukan perburuan. Alhasil, identitas pelaku terungkap. Keduanya, SAP dan RY adalah residivis kambuhan dalam kasus serupa.

“Dua pelaku kita amankan secara terpisah secara terpisah,” kata Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa dalam rilis di Polresta Banyuwangi, Selasa (19/7/2022) sore.

Kepada polisi, dua pelaku membeberkan strategi menggasak motor curian. Keduanya masuk dalam grup penggemar kesenian kuda lumping. Begitu ada pagelaran, kedua pelaku mendatanginya. Setelah melakukan observasi, pelaku mengincar motor yang diparkir korban. Kebanyakan jenis Honda Scoopy. Alasannya, motor jenis ini penjualannya sedang naik daun. Cara menggasaknya juga mudah, hanya berbekal kunci T.

“Hanya sekali congkel,motor bisa dibawa kabur, lalu dijual ke penadah di Jember,” jelas Kapolresta.

Satu motor curian dijual seharga Rp4 juta hingga Rp7 juta. Tergantung kondisi. Uang hasil pencurian digunakan hidup berfoya-foya. Dari penangkapan dua pelaku, polisi bergerak memburu penadahnya. Dengan mudah, dua penadah dibekuk. Belasan motor diamankan dari dua tersangka. Sejumlah motor curian yang berhasil ditemukan langsung diserahkan ke pemiliknya. (hoa/rey)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral