Semua pihak mencari solusi rencana gelaran pelaksanaan Bromo Adventure Trail and Mountain Bike.
Sumber :
  • M. Syahwan/tvOne

Tuai Kontroversi, Kepala Desa Ngadisari Minta Perhelatan Bromo Adventure Trail and Mountain Bike Dikaji Ulang

Minggu, 24 Juli 2022 - 13:56 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Menyikapi kegaduhan terkait akan adanya pelaksanaan event Bromo Adventure Trail and Mountain Bike yang berlangsung di Gunung Bromo bulan Agustus mendatang membuat sejumlah pihak kembali duduk bersama.

Dalam pertemuan pembahasan event ini, hadir perwakilan dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), PHDI, sejumlah kepala desa, tokoh masyarakat Tengger, ketua panitia penyelenggara, pelaku usaha dan Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (LSM LIRA) Kabupaten Probolinggo, Minggu (24/7/2022).

Kepala Desa Ngadisari Suryanto mengatakan pihaknya meminta agar gelaran ini dapat kaji ulang.

Namun, semua keputusan tetap pada balai besar TNBTS. Pihaknya hanya memberikan masukan karena kawasan lautan pasir ada sejumlah tempat yang disakralkan.

"Biar tidak gaduh, rencana event trail itu agar dikaji ulang untuk mempertimbangkan kondisi di lapangan baik ekosistem maupun sejumlah lokasi yang kami anggap tempat suci,” katanya.

Perwakilan LSM LIRA Kabupaten Probolinggo yang hadir dalam pertemuan tersebut menyampaikan pihaknya mendukung penuh penolakan Bromo Adventure Trail and Mountain Bike untuk mendukung apa yang menjadi keinginan dan harapan masyarakat Tengger.

"Kami sudah mengambil langkah dengan memberikan surat ke pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) yang intinya untuk tidak memberikan izin event tersebut dengan berbagai pertimbangan," tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:06
03:25
02:07
06:34
01:19
00:55
Viral