Kirab Malam 1 Suro Ratusan Warga di Madiun.
Sumber :
  • Miftakhul Erfan

Sambut Malam Satu Suro, Ratusan Warga di Madiun Gelar Kirab Hasil Bumi Keliling Kampung Berharap Panen Melimpah

Jumat, 29 Juli 2022 - 01:57 WIB

Madiun, Jawa Timur - Dalam rangka menyambut datangnya Tahun Baru Islam tanggal 1 Muharram atau satu suro, ratusan warga di Desa Nglambangan Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun, Kamis (28/7/2022) malam menggelar tradisi bersih desa dengan mengarak tumpeng raksasa dan juga hasil bumi keliling desa.

Mereka berharap dengan menggelar tradisi sedekah bumi pada malam satu suro yang sudah turun-temurun ini  hasil panen berikutnya melimpah dan dijauhkan dari pagebluk maupun mara bahaya yang datang ke desa mereka.

Rudi Kristianto (50) Kepala Desa Nglambangan mengatakan, tingginya antusias warga desa dalam kegiatan tradisi ini lantaran dua tahun sebelumnya sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19. Dan malam ini kali pertama digelar diikuti lebih dari 500 orang. 
 
“Alhamdulilah mas, saya kaget dan berterima kasih kepada warga desa saya atas partisipasinya, sehingga acara tradisi yang sempat terhenti 2 tahun karena pandemi ini sukses, diluar prediksi saya, malam ini lebih dari 500 orang menghadiri tradisi bersih desa.” Kata Rudi. 
 
Lanjutnya, tradisi sambut satu suro ini diawali dengan mengarak tumpeng raksasa dan juga aneka hasil bumi baik sayuran, buah maupun makanan khas Desa Nglambangan keliling kampung. 
Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:49
01:04
01:20
01:09
09:40
09:15
Viral