Warga di pesisir Lampon, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi menggelar ritual petik laut.
Sumber :
  • tvone - happy oktavia

Pertama Pasca Pandemi, Warga di Lampon Banyuwangi Kembali Gelar Ritual Petik Laut dengan Meriah

Minggu, 31 Juli 2022 - 08:12 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur -  Dua tahun digelar terbatas akibat pandemi Covid-19, warga Pantai Lampon, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi kembali menggelar tradisi petik laut secara meriah, Sabtu (30/7/2022). Ribuan warga kompak menghadiri ritual selamatan laut ini. 

Ritual petik laut adalah tradisi turun temurun para nelayan. Prosesi diisi dengan larung sesaji ke laut. Maknanya, ungkapan syukur atas hasil laut selama satu tahun.

"Ritual ini warisan leluhur yang dilakukan sejak tahun 1927 atau 95 tahun lalu. Ritual digelar setahun sekali tiap tanggal 1 Suro atau 1 Muharam," kata Ryan Ardiansyah, tokoh nelayan di Pantai Lampon. 

Sesaji yang dilarung adalah kepala sapi dan berbagai hasil bumi. Diangkut dengan perahu, sesaji dibawa ke tengah laut. 

Sebelum larung sesaji, ritual diawali dengan selamatan. Warga membawa tumpeng, lalu berdoa bersama. Warga berharap, dengan petik laut, tangkapan ikan akan melimpah setahun ke depan. 

Ritual petik laut diisi dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Karena pertama kali sejak pandemi, warga menyambut petik laut dengan gembira. Mereka sudah menyemut di lokasi ritual sejak pagi.

"Kami menyambut gembira perayaan tahun ini, karena kini kami bisa menggelar petik laut kembali dengan ramai seperti sebelum pandemi," tegas Ryan. (hoa/rey)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral