Warga Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi menggelar tradisi Kebo-keboan.
Sumber :
  • tvone - happy oktavia

Ritual Kebo-keboan, Diyakini Warga Desa Aliyan Banyuwangi Bisa Mencegah 'Pagebluk'

Senin, 1 Agustus 2022 - 06:07 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Warga Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, menggelar ritual Kebo-keboan, Minggu (31/7/2022) pagi. Tradisi turun temurun ini bertujuan mencegah pagebluk dan rasa syukur atas hasil panen petani.

Ritual Kebo-keboan dimulai pagi hari. Begitu matahari terbit, sejumlah warga mulai kesurupan. Mereka bertingkah layaknya seekor kerbau. Meronta, tatapannya tajam. 

Menjelang siang, warga yang kesurupan bertambah. Mereka yang kesurupan dibawa di pusat desa. Di tempat ini, aneka sesaji disiapkan. Termasuk, kubangan lumpur. Mereka yang kesurupan akan menceburkan diri ke lumpur, mirip seekor kerbau. 

Prosesi ritual diakhiri dengan ider bumi. Warga berkeliling kampung. Sejumlah warga menggunakan kostum mirip kerbau, menggunakan tanduk. Wajahnya diwarnai kehitaman. Gamelan khas Osing dimainkan selama iring-iringan. 

Prosesi ider bumi dilakukan dengan berkeliling kampung. Ritual ini menjadi simbol pembersihan pengaruh buruk, sehingga masyarakat bisa bertani dengan lancar. Hasil panen melimpah, bebas dari serangan hama dan pagebluk.

"Ini adalah tradisi tahunan. Kebetulan, masyarakat kami adalah agraris. Ritual ini untuk memohon berkah keselamatan," kata Kepala Desa Aliyan, Anton Sujarwo. 

Selama pandemi, ritual Kebo-keboan tetap digelar. Namun, hanya sederhana. Pesertanya terbatas. Ketika pandemi melandai, ritual digelar dengan semarak. Sejak pagi, warga sudah antusias berkumpul di pusat desa. Sejumlah wisatawan lokal juga ikut memeriahkan salah satu agenda pariwisata Banyuwangi ini. (hoa/rey)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral