Terdamparnya paus yang akhirnya mati di Banyuwangi, membawa kepercayaan tersendiri bagi nelayan.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Ini Kepercayaan Nelayan Banyuwangi Jika Ada Paus Terdampar

Selasa, 2 Agustus 2022 - 16:03 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Terdamparnya paus sperma yang akhirnya mati di pesisir Bulusan, Kalipuro, Banyuwangi, membawa kepercayaan tersendiri bagi nelayan setempat. Mereka meyakini kejadian ini sebagai pertanda akan muncul peristiwa besar. Kepercayaan ini bukan tanpa alasan. Sebab, peristiwa ini bukan yang pertama kali terjadi.

Versi nelayan di lokasi kejadian, peristiwa terdamparnya ikan paus pernah terjadi sekitar tahun 2001. Namun, kondisinya sudah mati. Kemudian, ditarik ke tengah laut dan ditenggelamkan. Setelah kejadian, muncul peristiwa angin kencang melanda perairan Selat Bali. Lalu, kejadian serupa juga pernah muncul di tahun sebelumnya. Tak berselang lama, terjadi insiden tenggelamnya kapal.

“Kalau dulu, begitu ada ikan paus terdampar dan mati, akan ada peristiwa besar. Kalau sekarang, kita tidak tahu,” kata Misnari, salah satu nelayan di Pantai Bulusan, Banyuwangi, Selasa (2/8). 

Nelayan berharap, terdamparnya paus sperma kali ini tidak membawa peristiwa buruk. Sebaliknya, membawa keberuntungan. Sebab, kejadian serupa pernah dialami para nelayan. Ketika ada paus terdampar, beberapa hari kemudian tangkapan ikan melimpah.

“Ini yang kami harapkan. Sekarang kan paceklik ikan,” jelas Sujarno (40), nelayan lainnya.

Para nelayan juga berharap, bangkai paus yang terdampar bisa dikuburkan secara layak, sehingga tak memicu kekhawatiran nelayan yang beraktivitas di lokasi. Versi nelayan, sebelum ditemukan terdampar, ikan paus itu sudah terlihat di sekitar Selat Bali sejak tiga hari. Sejumlah nelayan sempat melihat penampakan ikan paus tersebut di sekitar laut utara Selat Bali. 

“Ternyata, Senin sore sudah menepi dan terdampar,” jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral