BMKG ajari nelayan baca daerah tangkapan dan potensi gelombang.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Dongkrak Hasil Tangkapan, BMKG Ajari Nelayan Baca Daerah Tangkapan dan Potensi Gelombang

Senin, 8 Agustus 2022 - 17:31 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Nelayan di Muncar, Banyuwangi mendapatkan ilmu baru untuk mendongkrak hasil tangkapan. Mereka diajari membaca cuaca dan citra satelit untuk melihat potensi berkumpulnya ikan, sehingga ketika melaut, tak lagi pulang dengan tangan kosong. 

Kemampuan membaca cuaca ini hasil sekolah lapang cuaca yang digelar oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muncar, Banyuwangi, Senin (8/8). 
 
Para nelayan tradisional ini dibekali sebuah aplikasi untuk memastikan lokasi berkumpulnya ikan. Aplikasi ini mampu mendeteksi daerah tangkapan ikan dengan detail.
 
“Dengan aplikasi ini, nelayan bisa hebat menguasai teknologi. Nelayan tidak lagi mencari ikan, tapi menangkap ikan, karena daerah tangkapannya jelas,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Pusat, Eko Prasetyo.
 
Selain membaca daerah tangkapan, nelayan juga diajari melihat potensi gelombang, arus laut dan arah angin, sehingga nelayan bisa memilih rute yang aman ketika melaut. Selama ini, nelayan hanya menggunakan cara tradisional ketika melaut. Tak jarang, kecelakaan terjadi akibat salah memprediksi cuaca. 

“Jadi, teknologi ini bisa mencegah kecelakaan laut, sekaligus meningkatkan hasil tangkapan,” jelasnya. 

Pihaknya berharap, dengan pintar membaca cuaca, nelayan bisa merencanakan jalur pelayaran. Termasuk, memilih waktu yang tepat untuk menangkap ikan. Lalu, sasaran yang dituju tak lagi mencari-cari. Namun, sudah terarah sesuai dengan citra satelit yang dibaca.

“Harapannya, nelayan kita bisa hebat dan sejahtera dengan tangkapan yang jelas,” pungkasnya. (hoa/hen) 
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral