Hiu Paus Tutul yang Mati.
Sumber :
  • Tim tvOne/Happy Oktavia

Lagi Seekor Paus Terdampar dan Mati di Pantai Banyuwangi

Senin, 8 Agustus 2022 - 21:52 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Seekor Hiu Paus Tutul terdampar dan mati di Pantai Ngagelan, Taman Nasional Alas Purwo. Saat ditemukan, hewan langka ini sudah tak bernyawa. Penyebab terdamparnya masih misterius. 

"Hiu paus ini terdampar Sabtu (6/8/2022) lalu. Persisnya di Pantai Ngagelan. Saat ditemukan, kondisinya sudah mati," kata Kepala Seksi Pengelolaan Wilayah 1 Balai Taman Nasional Alas Purwo, Probo Wresniaji, Senin (8/8/2022). 

Diperkirakan panjang Hiu Paus Tutul ini mencapai 4,5 meter. Diduga, sudah terdampar beberapa hari sebelum ditemukan. Sebab, kondisinya sudah mulai membusuk. 

Meski begitu, petugas tidak melakukan evakuasi bangkai hiu yang terdampar. Alasannya, bangkai hiu akan menjadi santapan binatang lainnya. 

"Jadi,tidak kita evakuasi. Karena akan menjadi santapan biawak ataupun hewan liar lainnya. Ini akan menjadi rantai makanan di wilayah Taman Nasional Alas Purwo," jelasnya. 

Sebelumnya, warga Banyuwangi digegerkan dengan terdamparnya paus sperma di Pantai Bulusan, Kalipuro, Senin(1/8/2022) lalu. Mamalia ini tersangkut dermaga kayu milik salah satu hotel. Setelah dilakukan upaya evakuasi, paus berukuran 16,5 meter dengan bobot 30 ton ini akhirnya mati. 

Bangkainya baru bisa dikubur setelah petugas berjibaku hampir satu minggu. Penyebab terdamparnya paus jenis sperma itu juga masih misterius. (hoa/ebs)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
03:57
02:09
12:33
02:09
08:03
Viral