Warga melihat sebuah kios pertamini yang ludes terbakar di Kelurahan Kalipuro, Banyuwangi, Jumat (12/8/2022) pagi.
Sumber :
  • Happy Oktavia

Diduga Korsleting, Kios Pertamini Ludes Terbakar

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:18 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Warga di Lingkungan Krajan, Kelurahan Kalipuro, Banyuwangi geger, Jumat (12/8/2022) pagi. Sebuah kios pertamini mendadak terbakar. Dua tabung bensin yang masih baru hangus dilalap api. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kios dan sebuah bangunan untuk tukang gigi hangus.

Kios pertamini yang terbakar milik Yasin (42), warga setempat. Diduga, kebakaran dipicu korsleting listrik. Api diketahui muncul sekitar pukul 09.20 WIB. Saat kejadian, dua mesin pertamini ini baru saja diisi ulang BBM jenis Pertamax. Usai diisi, pemilik kios melihat percikan api dari arah mesin. Dia kemudian berusaha memadamkannya dengan tangki pemadam kecil. Nahas, api justru membesar, menyambar satu tangki lagi di sampingnya.

Api akhirnya berkobar hebat. Kilatan api menyambar atap kios, lalu merembet ke bangunan di sampingnya. Dengan peralatan seadanya, pemilik kios bersama warga mencoba memadamkan api. Karena tangki BBM yang terbakar, api sulit dikendalikan.

"Apinya sangat cepat berkobar, lalu menyambar atap dan bangunan samping,” kata Suprapto (52), warga yang ikut memadamkan api.

Amukan api berhasil dijinakkan setelah empat mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Banyuwangi diterjunkan. Sekitar satu jam, api akhirnya padam. Namun, seluruh isi kios sudah ludes, termasuk atap bangunan tukang gigi. Beruntung, mobil pemadam datang dengan cepat. Sebab, api mulai menjalar ke atap rumah di belakang kios yang terbakar. 

"Tadi, apinya sudah menjalar mendekati teras rumah, akhirnya dengan cepat dipadamkan petugas Damkar,” jelas Suprapto.

Akibat kejadian ini, total kerugian ditaksir mencapai Rp150 juta. Polisi juga melakukan olah TKP untuk memastikan penyebab kejadian ini. Garis polisi juga dipasang untuk mempermudah petugas melakukan pemeriksaan. (hoa/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral