status waspada, tidak ada pengibaran bendera Merah Putih 17 Agustus di puncak Raung.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Berstatus Waspada, Pendaki Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Raung

Jumat, 12 Agustus 2022 - 17:33 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Aksi pengibaran bendera Merah Putih saat 17 Agustus di puncak Gunung Raung, Banyuwangi, dipastikan tidak ada tahun ini. Hal ini karena Gunung Raung masih berstatus waspada atau level 2. Pendaki dilarang mendekati puncak gunung, sehingga aktivitas pendakian dipastikan nihil di momen perayaan Hari Kemerdekaan.

Kondisi ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, puncak Raung menjadi salah satu tujuan pendaki untuk merayakan kemerdekaan.

“Status Gunung Raung masih level 2 atau waspada. Pendaki dilarang mendekati kawah hingga radius 3 kilometer,” kata Kepala Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo, Jumat (12/8). 

Data dari PPGA Raung, meski berstatus waspada, tidak ada aktivitas yang membahayakan dari puncak gunung setinggi 3344 mdpl itu. Fenomena kegempaan tremor terekam lemah, di kisaran amplitude 0.5-8 mm. Dominannya 1,5 mm. Meski begitu, hingga dua minggu berlalu, status waspada Gunung Raung masih belum dicabut.

Absennya aksi pengibaran Merah Putih di puncak Raung dibenarkan para pemandu di pos pendakian Raung di Kalibaru. Karena masih ditutup, para pendaki yang hendak mengibarkan Merah Putih saat 17 Agustus terpaksa ditunda. 

“Biasanya, memang banyak pendaki yang naik di momen 17 Agustus. Sekarang pendakian masih ditutup,” kata Widi Angger Widyuta, petugas sekretariat pendakian Gunung Raung.

Pihaknya masih terus mengikuti perkembangan status Gunung Raung. Jika statusnya turun ke level normal, tidak menutup kemungkinan, pendaki bisa naik dan mengibarkan Merah Putih saat 17 Agustus mendatang. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral