prajurit TNI AL kibarkan bendera merah putih di dasar Selat Bali.
Sumber :
  • Tim tvone - happy oktavia

Peringati HUT RI ke-77, Personel TNI AL Kibarkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut di Selat Bali

Rabu, 17 Agustus 2022 - 20:02 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Aksi pengibaran bendera Merah Putih dilakukan personel Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi di dasar laut Selat Bali, Rabu (17/8). Kegiatan ini merupakan serangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77. 

Penyelaman dilakukan sedikitnya 21 prajurit TNI AL bersama Satpolair Polresta Banyuwangi, personel Pramuka dan para guide diving wisata selam Pantai Bangsring Underwater. Bendera yang dikibarkan di dasar laut panjangnya mencapai 5 meter, lebar 3 meter. Pengibaran dilakukan tepat pukul 10.17 WIB. 

Proses pengibaran bendera di dasar laut ini dikomandoi langsung oleh Komandan Lanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori. Tak ada kendala dalam proses penyelaman. Sebelum beraksi, sehari sebelumnya dilakukan latihan bersama. Kondisi gelombang sempat tidak bersahabat.

"Hari ini, ketika pengibaran Merah Putih dilakukan, kondisi gelombang sangat bersahabat. Alhamdulilah lancar semua," kata Letkol Laut (P) Ansori usai penyelaman. 

Tujuan pengibaran Merah Putih di Selat Bali ini untuk membangun semangat negara maritim. Sekaligus, mengajak nelayan menjaga ekosistem laut. Aksi pengibaran bendera di dasar laut ini juga kegiatan serentak di Indonesia. TNI AL menggelar pengibaran Merah Putih di dasar laut di 77 titik. 

Selain Selat Bali, aksi pengibaran Merah Putih dilakukan di dua titik laut wilayah Lanal Banyuwangi. Masing-masing, perairan Gili Ketapang, Probolinggo, yang dilakukan personel Marinir dan pantai Pasir Putih, Situbondo yang dilakukan oleh Posmar Armada II. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral