lahan buah manggis luas, Kabupaten Banyuwangi bersiap jadi food estate (lumbung pangan).
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Langganan Ekspor ke China, Banyuwangi Bersiap Jadi Food Estate (Lumbung Pangan) Manggis

Kamis, 25 Agustus 2022 - 15:48 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Memiliki lahan buah manggis yang luas, Kabupaten Banyuwangi bersiap menjadi food estate (lumbung pangan). Selama ini, manggis Banyuwangi menjadi langganan ekspor. Komoditi ini tembus ke pasar di berbagai negara, diantaranya Taiwan, Singapura, China dan Uni Emirat Arab.
 
Kesiapan menjadi lumbung pangan manggis ini menyusul tawaran dari Pemprov Jatim. Banyuwangi dipilih lantaran produksi buah manggisnya melimpah, kualitasnya tak diragukan.
 
“Intinya, kami siap menjadi food estate buah manggis. Banyuwangi telah berkali-kali ekspor manggis ke luar negeri,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Kamis (25/8). ‘
 
Berada di ketinggian, buah manggis asal Banyuwangi memiliki rasa berbeda. Selain manis, manggis Banyuwangi minim getah, sehingga tidak menyulitkan konsumen dalam mengkonsumsi buah berkulit hitam ini. Buah manggis banyak diproduksi di sejumlah kecamatan, diantaranya Kecamatan Songgon, Glagah, Sempu, dan Kalipuro.
 
Produktivitas manggis di Banyuwangi terus meningkat. Tahun 2017, produktivitasnya mencapai mencapai 132,53 kuintal per hektar. Angka tersebut meningkat hingga 137 kuintal per hektar tahun 2021. 

“Kami optimis, jika Banyuwangi menjadi food estate komoditas manggis, tentunya akan menghasilkan yang lebih lagi,” paparnya.
 
Selain manggis, Banyuwangi memiliki potensi pertanian lain yang melimpah. Mulai dari jeruk siam, buah naga, pisang, mangga hingga semangka. 

“Komoditas pertanian di luar buah-buahan, juga tidak kalah produktifnya. Mulai dari cabai, jagung dan padi,” imbuhnya. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral