protes tambang emas di Pancer, Banyuwangi, warga lapor Presiden.
Sumber :
  • Tim tvone - happy oktavia

Protes Tambang Emas di Gunung Salakan, Pancer, Banyuwangi, Warga Lapor Presiden

Minggu, 28 Agustus 2022 - 06:32 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Penolakan warga terhadap rencana tambang emas di Gunung Salakan, Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, tampaknya tak main-main. Selain menghadang tim peneliti yang akan ke lokasi penambangan, aksi warga diluapkan dengan melapor ke Presiden. Mereka meminta pemerintah mengkaji ulang rencana penambangan tersebut. 

Warga khawatir, rencana penambangan oleh investor PT Merdeka Copper Gold ini akan berdampak pada lingkungan, sehingga berimbas pada kehidupan warga. 

Selain ke presiden, warga juga melapor ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Warga berharap Gunung Salakan tidak dibuka untuk pertambangan emas.

"Kami sudah lapor ke Presiden, KLHK, PBNU dan Komnas HAM. Rencana penambangan emas ini agar dipertimbangkan lagi," kata Mat, salah satu warga, Sabtu (27/8).

Warga berharap pemerintah pusat bisa turun ke lokasi, sehingga mendengarkan langsung keluhan masyarakat.

"Harapannya, pemerintah turun dan mendengar penolakan kami," pintanya. 

Aksi protes warga sebelumnya diluapkan dengan menghadang tim peneliti investor tambang emas yang akan masuk ke Gunung Salakan. Bahkan, warga nyaris terlibat bentrok dengan polisi yang melakukan pengawalan. Aksi penghadangan ini yang kedua kalinya terjadi. Sebelumnya, aksi serupa dilakukan pekan lalu. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
02:47
02:23
01:31
03:15
01:19
Viral