Seekor Hiu Tutul Terdampar di Pesisir Pantai Wotgalih Lumajang dalam Kondisi Mati.
Sumber :
  • Wawan Sugiarto/tvOne

Seekor Hiu Tutul Terdampar di Pesisir Pantai Wotgalih Lumajang dalam Kondisi Mati

Minggu, 28 Agustus 2022 - 09:16 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Seekor hiu tutul atau hiu paus (Rhincodon typus) terdampar dalam kondisi mati di pesisir selatan atau tepatnya di Pantai Mbah Drajid, Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (28/8/2022).

"Saya memperoleh informasi dari warga tadi malam sekitar 23.30 WIB ada hiu tutul yang terdampar di Pantai Mbah Drajid. Karena penasaran, tadi malam saya langsung lihat ke lokasi. Kondisinya sudah mati di pesisir pantai," kata Nurhadi Wicaksono, salah satu warga, Minggu (28/8/2022).

Menurutnya, panjang hiu tutul yang terdampar tersebut sekitar lima meter dengan lebar satu meter. Bobotnya lebih dari satu ton.

Karena ukuran yang besar itu, sejumlah warga dan petugas Koramil setempat agak kesulitan untuk mengevakuasi hiu tersebut ke tepi pantai.

"Hiu tutul itu dalam kondisi mati. Jadi warga dan petugas mengalami kesulitan saat berusaha mengevakuasi bangkainya ke daratan untuk dikuburkan. Evakuasi selama tiga jam belum membuahkan hasil dan dilanjutkan pagi ini," ujarnya.

Bangkai hiu tutul itu rencananya dikuburkan di tepi pantai agar tidak menjadi tontonan warga di sekitar pantai.

"Terkait penyebab hiu tutul terdampar di pantai kemungkinan karena kondisi cuaca ekstrem di Samudera Hindia, terutama di wilayah pantai selatan Lumajang selama beberapa hari terakhir ini," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral