Diduga terbakar, asap tebal muncul dari lereng Gunung Merapi Ungup-ungup, Banyuwangi.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Muncul Asap, Lereng Gunung Merapi Ungup-ungup Banyuwangi Terbakar

Selasa, 30 Agustus 2022 - 18:17 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Asap tebal muncul dari lereng Gunung Merapi Ungup-ungup, Banyuwangi. Diduga, lereng gunung di barat laut Banyuwangi ini terbakar. Sedikitnya, tiga titik asap membumbung tinggi dari lereng gunung di dekat puncak Ijen tersebut.

Kebakaran lereng gunung ini mulai terlihat warga sejak dua hari terakhir. Ketika malam, api terlihat jelas menyala dari lereng gunung. Saat siang, warga hanya melihat bumbungan asap putih. Kepulan asap ini terlihat jelas dari arah Kecamatan Wongsorejo, sebelah utara Kota Banyuwangi.

“Kebakaran ini sudah terjadi dua hari terakhir. Kalau malam apinya terlihat jelas, jika siang hanya asap putih yang membumbung,” kata Kepala Desa (Kades) Sidowangi, Muansin.

Menurutnya, kebakaran hutan ini adalah fenomena tahunan. Pemicunya, musim kemarau. Warga menduga, kebakaran disebabkan gesekan rumput kering. Karena angin kencang, api dengan cepat menyebar.

“Lokasinya sekitar 25-30 kilometer dari wilayah desa. Jadi, aman dari permukiman,” tegas Kades yang wilayahnya berdekatan dengan hutan ini.

Video kebakaran ini juga banyak menyebar di media sosial di Banyuwangi. Warga ramai-ramai mengabadikan momen tersebut. Karena cuaca cerah, asap yang meninggi terlihat sangat jelas, terutama dari arah pesisir utara Banyuwangi. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral