KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama Gubernur Jatim panen raya kacang hijau.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Panen Raya Kacang Hijau di Gresik, KSAD Jenderal TNI Dudung Siap Dukung Lumbung Pangan Nasional

Jumat, 2 September 2022 - 12:22 WIB

Gresik, Jawa Timur - Dalam kunjungannya ke wilayah selatan Kabupaten Gresik, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama rombongan Gubernur Jawa Timur dan Bupati Gresik, mengikuti panen raya kacang hijau, sekaligus kegiatan menanam jagung bersama petani di Desa Tulung, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik.

Program panen raya kacang hijau kali ini, juga sebagai salah satu langkah dan upaya serius TNI dalam mendukung program lumbung pangan (food estate) yang semakin gencar digalakkan dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Seperti diketahui kini terdapat sejumlah lokasi lumbung pangan yang ada di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Gresik yang beberapa hari lalu sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Selain untuk memanfaatkan aset TNI yang kini banyak menjadi lahan tidur, ini juga sebagai salah satu upaya TNI mendukung program food estate yang digalakkan pemerintahan pusat" tegas jenderal bintang empat itu, Kamis (1/9). 

Saat ini Kabupaten Gresik telah melaksanakan penanaman kacang hijau seluas 320,275 hektar yang tersebar di tujuh kecamatan. Penanaman kacang hijau dengan luas tanam 187,855 ha berada di Kecamatan Kedamean.

Selain itu, telah dilakukan kerjasama kemitraan kacang hijau oleh PT Agrotani Sukses Sejahtera dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Gresik, untuk dilakukan penanaman kacang hijau di Kabupaten Gresik dengan luas kurang lebih 500 hektar. Realisasi tanam kacang hijau di Kabupaten Gresik sampai dengan bulan Agustus 2022 seluas 320 ha dan diperoleh produksi kacang hijau sebesar 416 ton.

Melalui kerjasama ini, PT Agrotani Sukses Sejahtera membeli hasil panen kacang hijau dengan harga terendah Rp14.000 per kg dan apabila harga naik, bersedia membeli dengan harga pasar. Untuk saat ini harga pasar sebesar Rp18.000 per kg.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral