Unit Reskrim Polsek Paiton Probolinggo berhasil amankan puluhan jerigen BBM subsidi saat hendak ditimbun.
Sumber :
  • Syahwan Kamahina

Harga BBM Naik, Tengkulak Timbun Puluhan Jeriken Berisi BBM Subsidi di Persawahan

Selasa, 6 September 2022 - 00:24 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Sebanyak 65 jerigen berbagai ukuran berisi BBM subsidi jenis pertalite dan solar berhasil diamankan Unit Reskrim Polsek Paiton Polres Probolinggo di area persawahan Desa Sumberanyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo, Senin (5/9/2022).

Dari tempat itu, petugas juga mengamankan 4 unit motor modifikasi milik tengkulak yang ditinggal kabur, setelah mengetahui adanya petugas kepolisian datang menggerebek.

Hal itu terjadi saat salah satu motor terbakar, karena tangki motor dipenuhi BBM dan terjadi korsleting listrik di bagian mesin.

Iptu Maskur Ansori Kapolsek Paiton Probolinggo mengatakan, berdasarkan dari keterangan sejumlah saksi, lokasi tersebut memang dijadikan tempat para tengkulak atau penjual bensin eceran untuk menyedot bensin dari tangki modifikasi ke jeriken yang sudah disiapkan.
 
“Kami lakukan pengecekan dan patroli di setiap SPBU. Alhasil menemukan 65 jeriken BBM bersubsidi dan sejumlah motor modifikasi yang ditinggal pemiliknya di area pesawahan. Barang bukti langsung diamankan di Mapolsek Paiton,” katanya.

Ironisnya, pascaharga BBM subsidi naik para tengkulak nekat melakukan kecurangan yaitu membeli BBM subsidi dengan cara menggunakan tangki motor yang telah dimodifikasi, bahkan dilakukan berkali-kali dengan mengantre di sejumlah SPBU di sepanjang jalur pantura Kraksaran hingga Paiton.

“Dari 65 jeriken itu, lima jeriken berisi BBM dan selebihnya masih dalam kondisi kosong. Sementara tiga unit motor dengan tangki yang sudah modifikasi itu, tangkinya sudah full berisi pertalite,” ungkapnya.
 
Sementara itu, dua orang warga diamankan sebagai saksi yang mengetahui peristiwa terbakarnya motor milik tengkulak atau penyedot bensin BBM subsidi di lokasi kejadian.(msn/mut)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral