Ex Jihadis diberdayakan BNPT ternak Persilangan Sapi Bali dengan Banteng Jawa.
Sumber :
  • tvOne - zainal ashari

Ex Jihadis Diberdayakan, BNPT Ternak Persilangan Sapi Bali dengan Banteng Jawa

Kamis, 8 September 2022 - 19:00 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Taman Safari Indonesia dengan PT Smelting dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan penandatanganan kerjasama dalam kegiatan riset reproduksi Banteng Jawa (Bos Javanicus). Hal ini bertujuan mengoptimalisasi program konservasi Banteng Jawa dalam revitalisasi genetik Sapi Bali.

Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang mengatakan setelah penandatanganan berlangsung nantinya akan dibangun pusat penelitian terpadu Banteng Jawa (Bos Javanicus) yang menitikberatkan pada optimalisasi program konservasi dan revitalisasi genetic Sapi Bali.

“Hasil revitalisasi atau pemuliabiakan tersebut sebagai CSR dari PT Smelting untuk pengembangan peternakan Sapi Bali di Kawasan Terpadu Nusantara bagi warga binaan BNPT ex Jihadis atau Napi teroris,” kata Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang.

Kegiatan pemuliabiakan Sapi Bali dilaksanakan di TSI II Jatim, diawali dengan pembuatan kandang dan padock. Selanjutnya akan didatangkan 10 ekor Sapi Bali betina asli dari Bali ke TSI II. Dimana TSI II menempatkan seekor banteng jantan dewasa hasil penangkaran TSI II ke dalam kandang pemuliabiakan Sapi Bali. Nantinya proses perkawinan dilakukan secara inseminasi buatan.

Selanjutnya anakan Sapi Bali dan Banteng Jawa tersebut akan dilakukan penelitian lebih intensif lagi untuk mengetahui pertambahan berat dan ukuran tubuh sampai lepas sapih, berat sapih, pengambilan darah untuk uji DNA, daya cerna, kualitas semen,dan lain-lain. Keberhasilan pemuliabiakan Sapi Bali dengan mengawinkan Banteng Jawa diharapkan sebagai terobosan genetika masa depan untuk peningkatan kualitas Sapi Bali.

“Selain itu akan dilakukan koleksi semen banteng jantan yang akan disimpan dalam bentuk straw beku, sehingga bisa disimpan dalam jangka panjang. Dimana pemanfaatan semen Banteng beku untuk kegiatan genetic Banteng Jawa dan revitalisasi genetic Sapi Bali,” kata Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang.

Di sisi lain, Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Smelting, Irjuniawan P. Radjamin mengatakan hasil revitalisasi atau pemuliabiakan tersebut dari Banteng Jawa dan Sapi Bali tersebut akan digunakan sebagai CSR dari PT Smelting untuk pengembangan peternakan Sapi Bali di Kawasan Terpadu Nusantara bagi warga binaan BNPT.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral