Manajer Hukum dan Humas PT.KAI Daop 9 Jember, Azhar Zaki memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis (15/9/2022) malam..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Dongkrak Penumpang dari Timur Jawa, Stasiun Banyuwangi Kota segera Diperluas

Kamis, 15 September 2022 - 19:38 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Geliat pariwisata Banyuwangi mulai dilirik PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk melakukan pengembangan usaha. Salah satunya, memperluas Stasiun Banyuwangi Kota.

Stasiun ini rencananya akan dibangun sangat megah, dua lantai. Bangunan ini akan menjadi salah satu ikon stasiun terbagus di ujung timur Jawa.

Pengembangan kawasan Stasiun Banyuwangi Kota ini dijadwalkan mulai pada Januari 2023. Pembangunannya akan dilakukan bertahap. Jika dibangun bersamaan, dikhawatirkan mengganggu layanan KAI. 

“Pariwisata Banyuwangi ini cukup dikenal. Karena itu, PT KAI akan membangun Stasiun Banyuwangi untuk ikut mendukung pengembangan pariwisata,” kata Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Jember, Azhar Zaki, Kamis (15/9) malam.

Bangunan stasiun yang baru ini rencananya dilengkapi berbagai fasilitas mewah. Namun, tetap mengedepankan ciri khas bangunan Using, Banyuwangi. Selain itu, dilengkapi juga kios-kios yang menawarkan produk UMKM lokal, termasuk aneka kuliner, pusat perbelanjaan dan lahan parkir luas. Sehingga selain megah, perluasan stasiun ini akan menjadi tempat yang nyaman bagi calon penumpang dan keluarga. 

“Perluasan ini rencananya mencapai 3,5 hektar dari kawasan saat ini sekitar 2,4 hektar,” jelasnya.

Dibangunnnya stasiun yang dahulu bernama Karangasem ini bukan tanpa alasan. Tingkat penumpang di stasiun ini cukup tinggi, cenderung meningkat. Rata-rata tembus hingga 800 orang per hari.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
05:26
Viral