Situs Watesumpak itu mulai dari artefak genting, ukel dan bumbungan atap hingga struktur dinding.
Sumber :
  • tvOne - ika nurulla

Jejak Kerajaan Majapahit, 14 Tahun Ditemukan, Situs Watesumpak Mojokerto Baru Bisa Diekskavasi

Rabu, 21 September 2022 - 14:31 WIB

Mojokerto, Jawa Timur - Situs Watesumpak yang ditemukan warga sekitar 14 tahun yang lalu akhirnya diekskavasi tim arkeolog dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. Menginjak hari ke empat, ekskavasi tahap 1 situs yang ada di Desa Watesumpak, Kecamatan Trowulan, Mojokerto ini menuai hasil.

Arkeolog BPCB Jatim mendapati sejumlah temuan pada situs Watesumpak itu mulai dari artefak genting, ukel dan bumbungan atap hingga struktur dinding. Meski begitu BPCB Jatim belum bisa memastikan potensi arkeologis pada situs yang ada di tengah lahan persawahan itu.

"Ditemukan warga sekitar tahun 2008-2009. Baru kali ini kita coba untuk mengupas seperti apa potensi arkeologis yang ada di situs Watesumpak ini. Kami upayakan bagaimana potensi-potensi yang belum sempat kita kerjakan untuk upaya pelestarian. Karena wilayah ini berkaitan dengan kawasan cagar budaya tingkat nasional," kata Koordinator Tim Ekskavasi Situs Watesumpak Vidi Susanto, Selasa, (20/9).

Ekskavasi tahap 1 situs Watesumpak ini tim arkeolog BPCB Jawa Timur memfokuskan di area gundukan tanah seluas 20x20 meter persegi. Pengalian situs Watesumpak digelar selama 10 hari kerja, yaitu tanggal 17 hingga 26 September 2022.

"Sekitar 20x20 meter persegi ini dari gumukan saja. Kita lihat potensinya dulu karena yang kita fokuskan saat ini berkaitan dengan adanya temuan pada tahun 2008 yang selama ini kita duga itu adalah candi," ujar Vidi.

Hari ke empat ekskavasi tahap 1 ini tim arkeolog menemukan artefak berupa genting, ukel dan bumbungan atap. Selain itu juga menampakkan struktur memanjang dari barat ke timur. Baik di sisi utara maupun di sisi barat situs Watesumpak.

"Strukturnya ini memanjang dari timur ke barat. Kalau sisi selatan panjangnya 10 meter. Stuktur sisi utara belum bisa kita hitung, tapi yang utara kita temukan pilar," tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral