wudkan kemandirian pangan, Danrem 084 Bhaskara Jaya tinjau program tanaman kacang hijau.
Sumber :
  • Tim tvone - dimas farik

Wujudkan Kemandirian Pangan di Sampang, Madura, Danrem 084 Bhaskara Jaya Tinjau Program Tanaman Kacang Hijau

Sabtu, 24 September 2022 - 19:21 WIB

Sampang, Jawa Timur -Danrem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Terry Tresna Purnama bersama rombongan mendatangi Desa Astapah, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, guna melihat langsung lahan pertanian seluas 1 hektar yang ditanami kacang hijau

Menurut Komandan Korem 084, Baskara Jaya Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, pengembangan jenis ini (kacang hijau) merupakan upaya mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan di wilayah Kabupaten Sampang. Di samping itu, juga bagian dari meningkatkan kesejahteraan petani melalui pendapatan dari penjualan hasil panen tanaman.

"Untuk itu kita mengembangkan Kawasan Usaha Agribisnis Terpadu yang memadukan konsep pertanian padi sawah dengan tanaman biji-bijian seperti kacang hijau dan lain-lain, sehingga petani tidak hanya mengandalkan dan menunggu hasil dari panen padi saja, melainkan bisa juga panen kacang hijau atau sayur yang ditanam di kawasan sawah yang ada," terang Danrem.

Selain itu, melihat langsung kondisi pertanian kacang hijau, Danrem juga memberikan bantuan bibit kacang hijau, pupuk dan pestisida kepada lima kelompok tani di wilayah Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang

"Kegiatan ini adalah merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani," ucapnya.

Sebelumnya, rombongan Danrem 084/ Bhaskara Jaya mendatangi Kampung Pancasila di Desa Batuporo Barat, Kecamatan Kedungdung Sampang dan pos penanganan stunting. Danrem kemudian memberikan arahan kepada Personel TNI, PNS dan Persit Kodim 0828, Sampang dengan menekankan agar di era digitalisasi harus cerdas dan bijak dalam memanfaatkan media sosial. Namun jika salah menggunakankanya akan merugikan diri sendiri, keluarga dan satuan.

Program yang telah dilakukan oleh TNI adalah sebagai upaya untuk mendukung program dari pemerintah. (fds/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
01:24
01:33
03:57
11:28
10:12
Viral