rekrutmen pengawas, Bawaslu Kota Batu tambah kuota perempuan.
Sumber :
  • tim tvone - edy cahyono

Rekrutmen Pengawas, Bawaslu Kota Batu Tambah Kuota Perempuan

Minggu, 25 September 2022 - 11:35 WIB

Batu, Jawa Timur - Rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) maupun Panitia Pengawas Tingkat Desa/Kelurahan di Kota Batu, sedikit berbeda. Kaum perempuan diberikan kuota khusus untuk pendaftaran.

Tujuannya, memberikan kesempatan kaum hawa untuk aktif dalam memantau pesta politik tahun 2024.

Jatah perempuan ini diberikan sebanyak 30 persen untuk setiap kecamatan. Jika tak memenuhi kuota, rekrutmen akan diperpanjang hingga tujuh hari.

“Jadi, ini amanat terbaru dari Bawaslu. Ada kuota khusus perempuan untuk rekrutmen Panwascam tahun ini di setiap kecamatan 1 orang dan tingkat desa 1 Orang,” kata Abdul Rohman Ketua Bawaslu Kota Batu, saat menggelar Sosialisasi Peraturan dan Non Peraturan.

Rekrutmen Panwascam ini mulai dibuka 21-27 September 2022. Hari pertama pendaftaran, sebanyak 30 orang tercatat mulai mendaftar. Mayoritas didominasi kaum laki-laki. Selain kuota perempuan, rekrutmen Panwascam tahun ini dibuat lebih ketat.

Mereka yang lolos administrasi akan mengikuti tes tulis menggunakan computer assisted test (CAT). Mereka yang tak lolos tes CAT ini langsung dinyatakan gugur.

“Kalau tahun lalu, masih bisa lanjut ke tes wawancara. Sekarang sistem gugur,” tegas Abdul Rohman.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral