warna-warni, Kampung Nelayan Maju di Banyuwangi.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Bangkit dari Keterpurukan Akibat Pandemi Covid-19, Nelayan di Banyuwangi Majukan Kampungnya dengan Program Kalaju

Jumat, 7 Oktober 2022 - 14:33 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Perkampungan nelayan di Banyuwangi kini berwarna warni, jauh dari kesan kumuh dan bau. Namanya Kampung Nelayan Cemara Pancer. Perkampungan yang ada di selatan Kota Banyuwangi ini, memang jauh dari kota. Namun disini pengunjung bisa menikmati keindahan alam dari sisi lain Banyuwangi. 

Setelah sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, kini masyarakat Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, terus bahu-membahu untuk bangkit. Masyarakat yang mayoritas bekerja sebagai petani dan nelayan, tergerak memajukan kampung halamannya. Hingga akhirnya, tercetuslah program Kampung Nelayan Maju atau disebut Program Kalaju. Disini, sejumlah bangunan fasilitas umum serta pelaku UMKM di Destinasi Wisata Pantai Cemara Pancer dan Pantai Mustika, diberi cat warna-warni. Maka jangan heran wilayah setempat kini disulap layaknya kampung pelangi.

“Fasilitas umum, sekolah, pelaku UMKM atau warung wisata di Pantai Cemara Pancer, Pantai Mustika, di cat warna-warni, sehingga terlihat lebih indah, unik dan menyenangkan,” ujar Eko Witanto, tokoh masyarakat setempat. 

Pelaksanaan program Kalaju ini, murni atas inisiatif masyarakat yang didukung PT Merdeka Copper Gold Tbk. Induk perusahaan PT Bumi Suksesindo (PT BSI) ini menyediakan segala kebutuhan, dan dilaksanakan oleh masyarakat Dusun Pancer, selaku penerima manfaat.

Pantauan di lapangan, sejak dijalankan Program Kalaju, sejumlah fasilitas umum dan sekolah di Dusun Pancer tampak lebih indah dan berwarna-warni. Begitu pula penampakan sejumlah pelaku UMKM atau warung wisata di area Pantai Cemara Pancer dan Pantai Mustika.

“Program Kalaju ini juga sekaligus menjadi penunjang sektor wisata Banyuwangi, khususnya di wilayah Dusun Pancer,” cetus Eko.

Nurohmah, salah satu pelaku UMKM warung wisata penerima manfaat Program Kalaju, mengaku sangat senang dengan wajah lapak miliknya di Pantai Cemara Pancer. Lebih bersih dan indah. Sangat cocok dengan suasana sejuk Pantai Cemara Pancer.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:48
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
Viral