targetkan Indonesia capai swasembada gula, 6-8 tahun mendatang.
Sumber :
  • tim tvone - handy firmansyah

Menteri BUMN, Erick Thohir : Targetkan Indonesia Mencapai Swasembada Gula Pada 6-8 Tahun Mendatang

Selasa, 11 Oktober 2022 - 18:20 WIB

Mojokerto, Jawa Timur - Pemerintah targetkan Indonesia akan mencapai swasembada gula konsumsi nasional pada enam hingga delapan tahun mendatang. Hal ini disampaikan Menteri BUMN Erick Tohir saat acara Kick Off Revitalisasi Industri Gula Nasional untuk ketahanan pangan dan energi, di Kebun Tebu Desa Batankrajan, Kecamatan Gedek, Kabupaten Mojokerto, Senin (10/10). 

Menteri BUMN Erick Tohir mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, penting bagi Indonesia untuk memprioritaskan kestabilan pangan dan energi, dalam kondisi dunia seperti saat ini. Revitalisasi industri gula nasional ini merupakan upaya untuk meningkatkan produktivitas gula dalam negeri. Hal ini dibutuhkan untuk mewujudkan swasembada gula.

"Gula kita harus swasembada untuk konsumsi bukan industry, dimana meningkat dari 2,7 juta ton terus naik 4,7 juta ton hingga mencapai 5,7 juta ton, jadi ini yang harus kita lakukan," terang Erick Tohir.

Untuk mewujudkan swasembada gula, dibutuhkan peningkatan produksi dengan melakukan pembukaan lahan seluas 700 ribu hektare, dan ketersediaan pupuk, serta bibit tebu berkualitas yang saat ini bekerjsama dengan Brazil. Sistem penanamannya juga tidak hanya tebu, tapi dilakukan tumpang sari tanaman kedelai.

"Upaya membuka lahan 700 hektare ini tidak dilakukan pemerintah sendiri, tapi juga akan melibatkan petani, sehingga pendapatan petani bisa bertambah, dari Rp13 juta meningkat menjadi Rp32 juta. Yang paling penting hasil produksi petani dibeli pemerintah 100 persen," jelas Erick.

Pembukaan lahan 700 hektare dilakukan mulai tahun 2022 dan diperkirakan akan membutuhkan waktu 6 hingga 8 tahun.

Selain untuk mengejar swasembada gula untuk ketahanan pangan, pemerintah saat ini tengah berupaya untuk produk turunan gula, yang bisa digunakan untuk energi seperti Bioethanol.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral