terumbu karang berbentuk terowongan bunga di Selat Bali.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Uniknya Terumbu Karang Berbentuk Terowongan Bunga di Selat Bali

Rabu, 12 Oktober 2022 - 16:57 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Penghobi menyelam dimanjakan fasilitas baru di kawasan utara Selat Bali. Sebuah terumbu karang buatan berbentuk terowongan bunga ditenggelamkan di perairan setempat, tepatnya di pesisir Bangsring, Kecamatan Wongsorejo,Banyuwangi. 

Media terumbu karang ini dibuat sangat unik. Bentuknya mirip terowongan bermotif bunga. Tingginya 5 meter, lebar 2 meter dan panjang 12 meter. Pemasangan dilakukan di kedalaman 8 meter. Jaraknya sekitar 150 meter dari bibir pantai. 

"Harapannya ketika  sudah tumbuh akan mempercantik alam bawah laut di Bangsring," kata pengelola obyek wisata Bangsring Underwater (Bunder), Sukirno, Rabu (12/10).  

Media konservasi itu menggunakan teknologi biorock, memanfaatkan arus listrik lemah. Tenaga listrik memanfaatkan solar sel dari rumah apung yang menjadi favorit wisatawan. Biorock ini memanfaatkan arus listrik lemah. Nantinya akan menginisiasi reaksi elektrolisis. Sehingga, menyebabkan reaksi senyawa-senyawa kimia di air laut. Dari reaksi ini menumbuhkan struktur dan membentuk batuan mineral yang mirip dengan terumbu karang alami. Besi yang digunakan juga terlindungi dari korosi. Bahkan, menguat seiring waktu. 

"Umumnya karang akan tumbuh cukup lambat, setahun hanya 1 cm. Dengan teknologi biorock karang dapat tumbuh lebih cepat 2 hingga 3 kali lipat," kata Sukir.

Saat ini area konservasi di Bangsring mencapai 15 hektar dengan ratusan jenis ragam terumbu karang. Area tersebut terbagi menjadi 3 bagian. Zona inti seluas 50 meter persegi, zona pemanfaatan seluas 4 hektar dan zona pengembangan seluas 11 hektar.

"Zona pengembangan yang menjadi lokasi menyelam dan snorkeling bagi wisatawan," tegasnya. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral