Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar apresiasi 19 Desa Mandiri di Kota Batu.
Sumber :
  • tim tvone - edy cahyono

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar Apresiasi 19 Desa Mandiri di Kota Batu

Senin, 17 Oktober 2022 - 16:24 WIB

Batu, Jawa Timur - Mampu mewujudkan desa yang mandiri, yang setiap tahunnya ada indek desa membangun tanpa intervensi dari pihak manapun, sebanyak 19 desa di Kota Batu menerima penghargaan dari Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar, sebagai desa mandiri.

Sebanyak 19 desa level tingkat kota di Kota Batu, menerima penghargaan dan lencana dari Menteri Desa Pembangunan dan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Pemberian penghargaan dan lencana langsung dilakukan Menteri Desa dan Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi di Balai Kota Among Tani Kota Batu, saat hari jadi Kota Batu ke 21, Senin (17/10).

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menjelaskan, hal ini sebagai suport pemerintah untuk menggenjot agar setiap tahun ada peningkatan pembangunannya di masing-masing desa.

“Seperti Desa di Kota Batu tidak hanya menjadi desa mandiri secara umum/ namun di Kota Batu terdapat tiga desa yang menjadi desa mandiri khusus, yaitu desa mandiri yang indeknya di atas rata-rata dari desa lain di Indonesia," ujar Halim Iskandar.

"Jadi, desa mandiri di Kota Batu merupakan satu-satunya desa di level kota pertama kali menjadi desa mandiri yang tingkat indeknya di atas desa-desa lain," kata Halim Iskandar.

Lebih lanjut Abdul Halim Iskandar menambahkan, di tahun 2022 ini semua desa di Kota Batu sudah mandiri dan untuk pertama kalinya di level kota dengan ketentuan beda levelnya dengan kabupaten.

Sejauh ini telah diberikan 6631 desa di Indonesia dari 74, 961 desa di seluruh Indonesia. Sementara untuk mendorong pembangunan desa menuju desa mandiri, apresiasi pemerintah dengan memberikan piagam penghargaan terhadap Kepala Desa dengan lencana, agar memicu desa-desa lain yang sekaligus memberikan informasi kepada desa bahwa desa tersebut sudah mandiri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:04
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
Viral