upacara Hari Santri Nasional di Monumen Tugu Pahlawan.
Sumber :
  • tim tvone - zainal ashari

Ribuan Laskar Santri Jawa Timur Gelar Upacara Hari Santri Nasional di Monumen Tugu Pahlawan

Minggu, 23 Oktober 2022 - 13:52 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Ribuan Laskar Santri dari seluruh Jawa Timur mengadakan peringatan Hari Santri Nasional di lapangan Tugu Pahlawan Surabaya. Laskar Santri sendiri merupakan perkumpulan santri dari seluruh Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Indonesia.

Pada peringatan yang dilakukan mulai pagi hari, seluruh santri menggunakan pakaian yang seragam, yakni baju takwa berwarna putih, mengenakan sarung dan berkopyah. Sedangkan, santriwati juga menggunakan pakaian serba putih dengan bawahan hitam. Mereka melalukan seremoni dengan berbaris menghadap panggung.
Acara diawali dengan pembukaan, pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Yalal Wathon, mars santri, pembacaan teks Pancasila, pembacaan ikrar Laskar Santri, dan dilanjutkan dengan sesi sambutan, kemudian penutupan.

Gus Muhaimin Panglima Laskar Santri, yang hadir secara langsung di Tugu Pahlawan mengatakan bahwa santri merupakan pribadi yang baik dan berakhlak.

"Santri memiliki akhlakul karimah, dan santri hari ini ada untuk menata kehidupan yang lebih baik lagi," ucapnya saat memberi sambutan di hadapan para santri.

Ia berharap seluruh santri yang tergabung dalam laskar santri, dapat bermanfaat bagi orang lain dan berkompetensi di segala bidang.

"Semoga santri siap mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur," ucapnya.

Setelah seremoni peringatan hari santri selesai dilakukan, seluruh santri dan santriwati yang hadir melanjutkan acara dengan memakan tumpeng yang sudah disiapkan sebelumnya. (zaz/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral