Alat pendingin karya siswa SMK Muhammadiyah 1 Gresik.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Bantu Nelayan Pesisir, Siswa SMK Ciptakan Alat Pendingin Bertenaga Surya, Digerakkan dengan Ponsel

Selasa, 25 Oktober 2022 - 14:07 WIB

Gresik, Jawa Timur - Demi bisa membantu para pedagang ikan dan nelayan dipesisir laut Gresik agar tangkapan ikan mereka tidak cepat membusuk, siswa SMK Muhammadiyah 1 Gresik, akhirnya berhasil menciptakan inovasi alat pendingan (cold storage) dengan menggunakan tenaga surya.

Tidak hanya itu, karya para siswa sekolah menengah kejuruan tersebut juga bisa dijalankan melalui telpon cerdas (handphone android). Melalui alat sederhana ini, para nelayan maupun pedagang kini tidak lagi membeli es batu balok untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan mereka. 
Alat ciptaan siswa SMK Muhammadiyah 1 Gresik yang dinamai freezmyu tersebut, menjadi juara di ajang Gresik Inovasi Festival (Ginofest) yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda).

Inovasi yang dihadirkan siswa ini juga menggabungkan teknologi listrik terbarukan dengan memanfaatkan tenaga surya. Selain itu, alat ini dapat dioperasikan dengan ponsel.

"Tentu ini sangat ramah lingkungan, bahkan bisa dioperasikan melalui ponsel, mau mematikan mesin atau mengaktifkan tinggak klik," kata Syah Agusdin Salim, guru SMK Muhammadiyah 1 Gresik kepada awak media di Acara Gonfest, Selasa (25/10).

Agusdin menyatakan, dia tak menyangka projek ini bisa menjadi juara tingkat kabupaten. Sebab dia menceritakan, cold storege ini merupakan hasil riset siswa saat melakukan pengabdian.

"Saat itu pengabdian di Desa Sungunlegowo Bungah, lalu dari sana anak-anak membuat inovasi ini untuk membantu masyarakat disana," imbuh dia.

Setelah riset itu selesai, Agusdin berkata para siswa antar jurusan berkolaborasi. Siswa Akuntasi yang membuat pembukuan dan pemasaran. Siswa teknik mesin dan elektro yang membuat perangkat. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral