Sampah organik dijadikan pupuk cair, cara efektif kurangi beban sampah.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

Cara Efektif Kurangi Beban Sampah, TPST Desa Kalanganyar Ubah Sampah Menjadi Pupuk Cair

Kamis, 27 Oktober 2022 - 10:48 WIB

Sidoarjo, Jawa Timur - Sampah organik bersama plastik, kertas, karet, logam, kain, dan kaca merupakan penyumbang terbanyak sampah saat ini. Persoalan serius yang harus dicarikan solusinya. 

Salah satu cara mengurangi sampah organik adalah dengan memanfaatkannya menjadi ‘sesuatu’ yang bernilai. Misal, dijadikan pupuk kompos atau diolah menjadi pupuk cair organik.

Koordinator Peduli Sampah Desa Kalanganyar, Ghofirin mengatakan, sampah organik yang diolah menjadi pupuk cair dilakukan di TPST kalanganyar Sopo Nyongko wilayah Sedati Sidoarjo. Disaat musim hujan, beban TPST makin berat dan menumpuk, terutama bila ada patahan ranting pohon yang terkena angin kencang dengan jumlah yang banyak.

“Limbah rumah tangga berupa sisa makanan, sayuran dan buah-buahan busuk serta dedaunan dari pepohon dengan kondisi basahan karena kena air hujan membuat sulit untuk di bakar atau musnakan,” ujarnya. 

Prosesnya, sampah organik dan daun-daun yang masih basah ini di masukan kedalam tong dan di diamkan untuk dibusukan sistem pembusukan ini merupakan fermentasi, sehingga akan keluar cairan. Cairan ini nantinya akan menjadi pupuk cair tanaman. Sementara, sisa sampahnya dapat dipakai sebagai kompos.

“Pupuk cair organik juga bisa dimanfaatkan untuk mengencerkan tinja di septic tank, sehingga meminimalkan biaya sedot, karena cairan ini dapat mengurai kotoran. Bisa juga untuk campuran pakan ternak dan pakan ikan” imbuhnya.

Sampah sisa makanan yang mendominasi sampah milik warga, menurut Ghofirin, dapat mengurangi beban TPST bila ini di manfaatkan ke proses lain, sehingga mengurangi biaya pembakaran dan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral