Foto pasien anak di rsud dr sutomo.
Sumber :
  • tvOne - sandi irwanto

Harapan Hidup Anak dengan Gangguan Ginjal Akut, Ini Penjelasan Pakar

Kamis, 27 Oktober 2022 - 17:12 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Ginjal merupakan salah satu organ yang penting dalam tubuh. Ginjal memiliki fungsi utama sebagai penyaring darah dari segala zat yang tidak diperlukan tubuh sebelum darah diedarkan ke seluruh tubuh. Selain itu, ginjal punya fungsi mengatur keseimbangan, mengatur tekanan darah, hingga proses terciptanya hormon penting dalam tubuh

Sama halnya dengan organ lain, ginjal dapat mengalami berbagai permasalahan. Salah satu permasalahan yang dapat terjadi adalah gangguan ginjal akut, masalah itu tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun anak juga memiliki risiko yang sama.

Staf Divisi Nefrologi Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) RSUD Dr Soetomo,  dr Muhammad Riza Kurniawan dr SpA(K) mengatakan bahwa ginjal anak dengan orang dewasa memiliki fungsi yang sama.

“Tapi untuk anak kurang dari satu tahun punya nilai fungsi ginjal yang tidak seperti orang dewasa, jadi lebih rendah. Baru setelah satu atau dua tahun sudah menyerupai orang dewasa,” katanya.

Gangguan ginjal akut dapat terjadi apabila terdapat peningkatan serum kreatinin atau penurunan jumlah produksi urin. Kreatinin adalah limbah dalam darah hasil dari produksi jaringan otot saat beraktivitas. Kreatinin dalam darah akan disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urin. Jika fungsi ginjal terganggu maka ginjal akan kesulitan untuk menyaring kreatinin sehingga jumlahnya meningkat dalam darah.

Tanda dan Gejala

Tanda dan gejala gangguan ginjal pada anak bergantung pada penyebabnya. “Gejala umumnya pantau terus produksi urin. Jika jumlahnya menurun atau enam jam tidak buang air kecil meski minum air cukup, segera bawa ke dokter,” tutur Riza. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
01:55
02:13
05:10
03:07
02:26
Viral