polisi dan petugas medis sidak apotek di Gresik, minta hentikan penjualan obat sirup.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Polisi dan Petugas Medis Puskesmas Sisir Apotek di Gresik, Minta Hentikan Penjualan Obat Sirop

Kamis, 27 Oktober 2022 - 19:04 WIB

Gresik, Jawa Timur - Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit gangguan gagal ginjal akut pada anak, petugas kepolisian Manyar dan tim medis Puskesmas Manyar Gresik, melakukan penyisiran ke sejumlah apotek di wilayah Manyar, dan meminta pihak apotek agar tidak menjual obat sirup ke masyarakat, Kamis (27/10).  

Upaya pencegahan yang dilakukan polisi dan petugas medis di Gresik tersebut dilakukan setelah adanya keputusan Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) serta Kementerian Kesehatan tentang penarikan beberapa obat sirop dari peredaran.

Kepala Puskesmas Manyar, dr Aldo Kurniawan mengatakan, sidak ke apotek dilakukan karena adanya kejadian kasus gagal ginjal akut yang disinyalir disebabkan oleh obat-obatan jenis sirup.

"Hari ini kami bersama Forkopimcam Manyar menggelar sidak di apotek-apotek dalam rangka menjaga kewaspadaan terhadap kasus gagal ginjal pada anak," kata Aldo, Kamis (27/10). 

Aldo menambahkan jika pihaknya telah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah Apotek di wilayah Kecamatan Manyar.

"Alhamdulillah tidak ditemukan obat yang tidak diperbolehkan diberikan kepada anak-anak. Kegiatan ini adalah bagian dari pencegahan penyakit gangguan ginjal pada anak," tandasnya.

Kasus gagal ginjal akut juga berimbas pada tren penjualan obat-obatan di Gresik. Beberapa apoteker di perumahan GKB yang diwawancarai awak media mengatakan ada penurunan penjualan obat sirup pasca kasus gagal ginjal pada anak. Masyarakat memilih mencari obat dalam bentuk tablet dan suppositoria.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral