Bukit Lereng Gunung Argopuro, destinasi wisata berbasis konservasi.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Bukit Lereng Gunung Argopuro di Probolinggo, Disulap Jadi Destinasi Wisata Berbasis Konservasi

Selasa, 1 November 2022 - 17:05 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Sebuah bukit di lereng Gunung Argopuro yang memiliki luas 756,82 ha berhasil disulap menjadi destinasi wisata berbasis konsevasi, di Desa Guyangan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. 

Uniknya, destinasi wisata masyarakat di ketinggian 360-830 mdpl ini berdekatan dengan air terjun Jaran Goyang dengan ketinggian 70 meter.

Bambang Jiwantoro selaku Head of External Relation Paiton Energy mengatakan, sangat mendukung adanya perluasan destinasi wisata untuk perkembangan ekonomi masyarakat di daerah terpencil pasca pandemi. 

"Pada 25 September 2022, Paiton Energi dan POMI telah meluncurkan Desa Wisata Guyangan di Probolinggo. Tujuannya, menghidupkan kembali perekonomian desa," katanya.

Lebih lanjut dengan terciptanya wisata berbasis konservasi di Desa Guyangan ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain di pelosok wilayah Kabupaten Probolinggo setempat.

"Desa Guyangan dengan air terjun Jaran Guyangan terpilih menjadi juara pertama dari seluruh desa di 20 Kecamatan se Kabupaten Probolinggo," tambahnya.

Sementara itu, Hasyim, Kepala Desa Guyangan menjelaskan, berjanji akan terus mengembangkan dan melestarikan wisata berbasis konservasi tersebut, dengan melibatkan masyarakat sekitar, untuk bersama-sama membangkitkan perekonomian.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral