penyebab banjir bandang Banyuwangi yang hanyutkan 35 rumah.
Sumber :
  • Tim tvone - happy oktavia

Terungkap, Ini Penyebab Banjir Bandang Banyuwangi yang Hanyutkan 35 Rumah

Jumat, 4 November 2022 - 22:43 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Teka-teki penyebab banjir bandang yang menghanyutkan 35 rumah di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, terungkap. Versi warga, bencana itu diduga akibat perubahan pola tanam di kawasan perkebunan. Sehingga, ketika hujan lebat, air dengan cepat meluber, membawa material banjir.

Pengakuan warga ini bukan tanpa alasan. Selama ini, warga yang tinggal di sekitar kawasan perkebunan tersebut belum pernah dilanda banjir parah. Biasanya, hanya luapan sungai yang merendam jalan raya. Namun, ketika tanaman perkebunan berubah dari kakao ke tebu, banjir besar muncul. 

“Jadi, banjir ini akibat luapan air sungai yang mengalir dari wilayah atas (perkebunan). Banyak material yang terbawa air karena lahannya ditanami tebu,” keluh warga yang rumahnya rusak diterjang banjir, Jumat (4/11)

Versi warga, tanaman tebu tak termasuk pepohonan yang berakar kuat. Sehingga, saat hujan lebat, air dengan mudah mengalir ke perkampungan. Kondisi ini berbeda saat lahan perkebunan ditanami pohon keras. Salah satunya, kakao.

“Kalau tanamannya keras, air masih tertahan oleh akar. Tapi, kalau tebu, airnya dengan mudah masuk ke perkampungan,” keluh korban banjir lainnya.

Pemicu banjir ini menuai respon anggota Komisi VI DPR RI, Sony T. Danaparamita. Politisi asal Banyuwangi ini meminta jajaran PTPN sebagai pengelola perkebunan memberikan atensi terkait perubahan tanaman. 

“Jadi, dalam melakukan perubahan tanaman tidak membawa dampak bencana,” tegas politisi PDIP ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral