diterjang banjir, puluhan makam di Banyuwangi hanyut.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Diterjang Banjir, Puluhan Makam di Banyuwangi Hanyut

Sabtu, 5 November 2022 - 20:18 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Banjir bandang yang menerjang Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, tak hanya merusak rumah warga. Puluhan makam di tempat pemakaman umum (TPU) ikut hanyut terseret banjir. Seperti yang terjadi di TPU Mbah Besar, Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. 

Padahal, TPU ini jaraknya sekitar 5 kilometer dari pusat banjir bandang. Namun, kencangnya aliran air membuat sedikitnya 80 makam hanyut. Makam lainnya juga mengalami rusak parah. 

Pemakaman yang berada di atas bantaran sungai ini tergerus sekitar 300 meter persegi, kedalaman tanah yang amblas mencapai 1,5 meter. 

Akibat tergerusnya pemakaman ini membuat kain kafan berserakan. Ada juga yang terlihat sebagian.

"Ada 80 makam yang hanyut. Dari jumlah ini, hanya 5 jenazah yang dikuburkan kembali. Sisanya, hanyut terbawa banjir," kata Suwardi, juru kunci makam, Sabtu (5/11).  

Rusaknya pemakaman ini membuat sejumlah warga berdatangan, memastikan kondisi makam keluarganya. Mereka hanya bisa pasrah.

"Alhamdulilah, jenazah keluarga selamat, meski rusak parah. Sudah dikuburkan lagi," kata Puri Anjani (25), salah satu keluarga. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral