Gubernur Jatim, Khofifah meninjau lokasi banjir bandang di Desa Kalibaru wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Rabu (9/11/2022) siang..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Korban Banjir Bandang Kalibaru Disiapkan Relokasi Sementara di Lahan PTPN Seluas 6 Hektar

Kamis, 10 November 2022 - 12:32 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Puluhan warga korban banjir bandang di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi yang rumahnya hanyut akan segera direlokasi. Pemprov Jatim bersama Pemkab Banyuwangi menyiapkan hunian sementara untuk para korban. Hal itu ditegaskan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa disela mengunjungi lokasi banjir bandang di Kalibaru, Rabu (9/11) siang.

"Jadi, Bupati Banyuwangi sudah berkomunikasi dengan saya, dan meminta difasilitasi dengan PTPN XII terkait penyediaan lahan untuk relokasi hunian sementara (huntara) bagi warga yang rumahnya rusak berat," kata Khofifah. 

Pihaknya sepakat dengan rencana hunian sementara untuk para korban banjir. Apalagi, lokasinya tidak jauh dari lokasi rumah warga.

"Saya senang dengan lokasinya, berdekatan dengan kampungnya, sehingga warga tidak tercerabut dari akar sosial budayanya," ujarnya.

Pemprov Jatim juga akan menganggarkan pembangunan hunian sementara ini sebagai ganti rumah warga.

"Jika bangunannya ingin dibangun pemkab monggo, tapi kalau ingin dibangun Pemprov kami siap untuk anggarannya," tegasnya.

PTPN XII menyiapkan lahan seluas 6000 meter persegi untuk hunian sementara korban banjir ini. Lahan ini diperuntukkan untuk warga yang rumahnya hanyut diterjang banjir bandang, Kamis (3/11) lalu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral