Atap Pendopo Alun-Alun Kabupaten Gresik mendadak ambruk, Minggu (13/11/2022)..
Sumber :
  • M. Habib/tvOne

Astaga! Atap Pendopo Alun-Alun Kabupaten Gresik Mendadak Ambruk Rata dengan Tanah

Minggu, 13 November 2022 - 17:00 WIB

Gresik, Jawa Timur - Tidak ada angin dan hujan deras, atap bangunan Pendopo Alun-Alun Kabupaten Gresik tiba-tiba ambruk rata dengan tanah, pada Minggu (13/11/2022) siang.

Ambruknya bangunan kuno yang berada di depan rumah dinas Bupati Gresik itu membuat sejumlah warga yang kebetulan berada di sekitar lokasi kejadian serta pengendara yang melintas terkejut dan sempat dibuat panik.
Hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab ambruknya atap Pendopo Alun-Alun Gresik yang biasanya digunakan masyarakat Gresik, khususnya kaum milenial untuk kongkow dan kegiatan sosial.

Wahab, salah satu warga yang kebetulan menyaksikan peristiwa itu, mengaku jika ambruknya bangunan bersejarah tersebut diduga karena konstruksi bangunan sudah lapuk karena sebelumnya tidak ada hujan deras maupun angin kencang.

“Tiba-tiba saja ambruk. Pas tadi hujan gerimis, tapi cuma bentar. Angin juga tak kencang. Mungkin karena memang sudah agak lapuk,” ungkap Wahab.

Terpisah, Anggota Komisi III DPRD Gresik Abdullah Hamdi menduga atap Pendopo Alun-Alun Gresik tersebut ambruk karena kelalaian pemerintah yang minim melakukan monitoring dan perawatan bangunan aset-aset daerah.

“Harusnya ada monitoring dan perawatan secara rutin terhadap aset-aset daerah, termasuk Pendopo Alun-Alun Gresik yang merupakan bangunan kuno yang punya filosofi dan sejarah. Jadi ini lebih karena kelalaian,” terangnya.

Sebagai informasi, atap Pendopo Alun-alun Gresik yang ambruk itu berada di sisi sebelah timur berukuran kurang lebih panjang 6 meter dan tinggi 6 meter.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral