Rakor Bersama terkait resiko paparan HIV Aids di Gresik (15/11/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Muhammad Habib

Dinkes Kab. Gresik: 12.836 Orang Beresiko Terkena HIV AIDS

Rabu, 16 November 2022 - 07:30 WIB

Gresik, Jawa Timur - Bagi anda yang tinggal di Kabupaten Gresik dan sekitarnya perlu untuk meningkatkan kewaspadaan. Menurut data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 12.836 orang yang beresiko terkena HIV AIDS.

Dari pemeriksaan tersebut ditemukan 156 orang merupakan pengidap HIV AIDS. Merespon hal tersebut, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah langsung menggelar rapat koordinasi bersama Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) di Gresik.

Pemeriksaan dilakukan kepada ibu hamil, pasien Tuberculosis (TB), penderita IMS (Infeksi Menular Seksual), Gay, transgender, Wanita Pekerja Seks (WPS), Pengguna Napza Suntik (Penasun), dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WPS).

Rakor dilakukan sebagai upaya melakukan pencegahan penularan HIV AIDS di lingkungan Kabupaten Gresik. Serta mewujudkan target Three Zero (zero infeksi baru, zero kematian terkait AIDS, serta zero stigma dan diskriminasi).

"HIV AIDS yang ada di Gresik ini seharusnya tidak boleh bertambah, maka ini menjadi keinginan kita bersama untuk bisa mencegahnya," ucap Wabup Aminatun dalam rilisnya, Selasa (15/11) waktu setempat.

Lebih lanjut Wabup Gresik mengusulkan, untuk turut menggandeng beberapa organisasi agama perempuan di Gresik seperti Musimat, Fatayat, dan Aisyiyah. Menurutnya, pencegahan akan sangat efektif apabila mendapat dukungan mereka.

"Dalam pengendalian HIV AIDS, saya mengusulkan untuk kita juga menggandeng Muslimat, Fatayat, dan Aisiyah. Mereka harus terus kita berdayakan dan diberi sosialisasi. Karena seringkali lewat para ibu-ibu program seperti ini bisa terlaksana dengan cepat dan efektif," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral