Desa Banjar, pusatnya produksi gula aren di Banyuwangi.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Mengenal Desa Banjar, Pusatnya Produksi Gula Aren di Banyuwangi

Kamis, 1 Desember 2022 - 17:35 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Desa Banjar, Kecamatan Licin yang berada di lereng Gunung Ijen, Banyuwangi tak hanya memiliki alam yang indah. Desa di barat Kota Banyuwangi ini dikenal sebagai pusat perajin gula aren. Rasa gulanya tak diragukan lagi.

Produksi gula aren di Desa Banjar ini dikenal yang terbesar di Banyuwangi. Hampir seluruh warganya berprofesi sebagai penderes dan perajin gula aren. Dari empat dusun di desa ini, warganya kompak mengolah nira menjadi gula. 

"Terbanyak pembuat gula aren di Dusun Rembang. Ini sudah menjadi tradisi turun temurun," kata Kepala Desa Banjar, Sunardi, Kamis (1/12).  

Banyaknya pohon aren membuat warga memanfaatkannya untuk gula merah. Karena murni menggunakan nira aren, rasa gulanya lebih memikat. Ada campuran gurih dan manis alami. 

Dengan gula aren ini, Desa Banjar tumbuh menjadi desa budaya dengan tradisi dan berbagai sajian kuliner khas. Selain dibuat gula, nira aren diolah menjadi jajanan cimplung dan kopi uthek. 

"Kuliner ini adalah berbahan dasar nira aren," tegas Sunardi. 

Salah satu produsen gula aren, Suroso (57) mengaku sudah menggeluti usaha ini sejak usia remaja. Ia mewarisi ilmu ini secara turun temurun dari orang tuanya. Sembari bertani, pria ini menggeluti kerajinan gula aren. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral