masyarakat pesisir petani dan UMKM dilatih pengelolaan hasil panen ikan dan udang frozen.
Sumber :
  • tim tvone - khumaidi

Upaya Ketahanan Pangan, Masyarakat Pesisir Petani dan UMKM Dilatih Pengelolaan Hasil Panen Ikan dan Udang Frozen

Selasa, 6 Desember 2022 - 13:54 WIB

Sidoarjo, Jawa Timur - Ancaman resesi bukan jadi kendala bagi masyarakat pesisir dan UMKM. Hal ini dibuktikan dengan program Pelatihan Ketahanan dan Swasembada Pangan untuk peningkatan taraf hidup dan ekonomi. Hal ini disampaikan langsung oleh Dedy Hermansyah, Farm Manager Fish Boster Centre, saat memberikan pelatihan pada warga pesisir Desa Kalanganyar, Sedati, Kabupaten Sidoarjo di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Fish Boster Centre. 

Dedy mengajak masyarakat membentuk ketahanan pangan, salah satunya dengan pengelolaan hasil panen ikan dan udang frozen yang bertujuan untuk peningkatan ketahanan dan swasembada pangan, serta untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat, baik untuk dikonsumsi maupun dijual. Untuk pembekalan dan pelatihan diikuti 50 orang dari warga pesisir Desa Kalanganyar yang dibagi dua tahap.
"Adanya pelatihan ini untuk taraf hidup dan ekonomi warga pesisir bisa berdampak positif baik keluarga dan keuangan mereka, sehingga adanya ancaman resesi tidak berdampak berat bagi mereka,” jelasnya.

Sementara itu menurut peserta, Lilik Miswati, warga Desa Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo, adanya pelatihan yang dilakukan oleh Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Fish Boster Centre, sangat bermanfaat sekali sehingga dapat membantu keuangan keluarga.

Lilik juga menambahkan pelatihan pengelolaan hasil panen ikan dan udang frozen ini dapat membantu kualitas dan rasa bagi pengusaha UMKM. (khu/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:44
02:05
04:10
05:46
01:09
15:57
Viral