program Eduwisata Semaggot, tekan biaya pengeluaran sampah hingga puluhan juta rupiah.
Sumber :
  • tim tvone - mahrus

Program Eduwisata Semaggot, Tekan Biaya Pengeluaran Sampah hingga Puluhan Juta Rupiah

Senin, 12 Desember 2022 - 14:29 WIB

Lamongan, Jawa Timur - Inovasi pengurangan limbah organik dengan teknologi pengelolaan sampah terintegrasi dengan adanya maggot, ayam, dan lele di Lamongan, tepatnya di Desa Sekaran, Kecamatan Sekaran, dinyatakan berhasil. Hal tersebut dibuktikan dengan berkembangnya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara menjadi wisata edukasi Semaggot.

Dengan adanya program Eduwisata Semaggot, Pemerintah Desa Sekaran mampu menekan biaya pengeluaran untuk pemindahan sampah yang menumpuk sejumlah 25 juta per tahunnya. Sebelum adanya program ini, kondisi limbah anorganik masih dibakar, sedangkan untuk limbah jenis plastik botol dijual.

"Inovasi yang sangat luar biasa karena bisa mengelola lingkungan dengan baik, terlebih juga dapat menghemat biaya pengelolaan," tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam sambutannya saat melaunching wisata edukasi Semaggot.
 
Selain dapat menekan biaya pengelolaan sampah, adanya program yang diinisiasi oleh Bumdes "Sekar Sejahtera" dengan mahasiswa program matching fund Universitas Islam Lamongan ini, juga dapat menambah penghasilan warga setempat. Produksi pakan dan pupuk maggot ini 2-4 ton per tahunnya, hasil produksi akan didistribusikan kepada petani bawang di Sekaran dengan harga 10 ribu per karung.

"Kita menghasilkan 2-10 ton, saat ini kami masih mendistribusikan di lingkup wilayah desa sini," tutur Ketua Matching Fund dari pihak Universitas Islam Lamongan, Mufid Dahlan.

Berdiri sejak 2021, Semaggot ini dinyatakan bisa terus dilakukan karena adanya perputaran dari siklus baby maggot hingga larva BSF. Mufid juga memaparkan keunggulan pupuk dan pakan maggot ini mengandung anti bakteri atau lebih banyak mengandung bakteri yang menguntungkan seperti E Coli bagi ternak maupun tumbuhan. (mmr/hen) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:26
03:14
02:13
03:28
00:58
Viral