angin kencang dan hujan lebat hantui hingga Januari.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Warga Diminta Waspada, Angin Kencang dan Hujan Lebat Menghantui hingga Januari

Jumat, 16 Desember 2022 - 18:02 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Cuaca ekstrim angin kencang dan hujan lebat diprediksi akan terus muncul di sejumlah wilayah, salah satunya di Banyuwangi. Fenomena alam ini dipicu pengaruh topografi, sehingga memicu pergerakan angin dari dataran tinggi ke dataran rendah. Selain angin, hujan lebat masih berpotensi terus turun. Kondisi ini disebabkan munculnya awan tebal yang dikenal dengan cumulonimbus. Warga diminta waspada dengan potensi munculnya cuaca ekstrim ini. 

“Mulai Desember hingga Januari mendatang, hujan lebat masih berpotensi muncul di Banyuwangi,” kata prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, Ganis Dyah, Jumat (16/12). 

Hujan dan angin kencang ini berpotensi muncul di wilayah Banyuwangi selatan dan barat. Kondisi ini disebabkan topografinya yang berada di dataran rendah. Ketika muncul awan cumulonimbus, akan rawan memicu hujan lebat, petir hingga angin kencang. Puncak musim penghujan ini diprediksi akan berlangsung hingga bulan depan. Saat hujan turun, BMKG meminta warga bertahan di rumah. Jika di perjalanan, mewaspadai jalanan licin dan pohon tumbang. 

“Jika hujan lebat, warga sebaiknya waspada. Sebab, rawan diikuti petir dan angin kencang,” jelasnya.

Bencana angin kencang dan hujan lebat terus melanda sejumlah titik di Banyuwangi. Dua hari berturut-turut, wilayah Banyuwangi barat diterjang angin kencang. Meski tak ada korban jiwa, angin memporak-porandakan sejumlah rumah di wilayah Kecamatan Kalibaru dan Sempu. Sementara hujan lebat mengguyur sejumlah wilayah di Banyuwangi barat dan selatan. Jalanan hingga jembatan diterjang banjir. (hoa/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral