Polisi bersama warga mengecek lokasi temuan macan tutul di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Senin (2/1/2022) siang.  .
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

BKSDA Terjunkan Tim Lacak Macan Tutul Lereng Gunung Raung yang Terekam Warga

Senin, 2 Januari 2023 - 15:55 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur bergerak cepat terkait macan tutul (Panthera pardus) di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi yang terekam warga.

Tim langsung melakukan pelacakan di lokasi temuan macan tutul. Tujuannya, memastikan dan mencocokan lokasi dengan video rekaman.

"Jadi, tahap awal kami masih menggali informasi detail di lapangan," kata Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah V Banyuwangi Purwantono, Senin (2/1) siang.

Jika hasil identifikasi di lokasi menunjukkan kondisi yang identik dengan video yang beredar, pihaknya akan menindaklanjuti temuan tersebut. Namun, dari video rekaman yang beredar, pihaknya memastikan binatang yang terekam warga adalah macan tutul.

"Spesies macan tutul memang pemanjat dahan pohon," lanjutnya.

Selanjutnya, jika temuan itu dipastikan benar, tim akan melacak habitat dari binatang tersebut. Pihaknya harus memastikan macan tutul tersebut tinggal di wilayah tersebut atau sekadar singgah mencari makan.

"Kalau lokasi temuan itu bukan habitatnya, kami akan upayakan evakuasi," jelasnya lagi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral