warga 4 dusun terserang diare.
Sumber :
  • tim tvone - agus wibowo

Warga 4 Dusun di Pacitan Terserang Diare, Dinas Kesehatan Diminta Tangani Serius

Jumat, 6 Januari 2023 - 15:14 WIB

Pacitan, Jawa Timur - Warga di 4 dusun di Desa Sumberejo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan terserang wabah diare. Menurut Dinas Kesehatan, diare dipicu keterbatasan air bersih dan bakteri e-coli yang mencemari air yang dikonsumsi warga.

Meski demikian, Kepala Desa Sumberejo Agung Tri Kuncoro menegaskan banyaknya kasus diare di desanya tersebut, sudah memasuki tahap mencemaskan dan pihaknya terus menggerakkan semua perangkat desa mulai RT RW bersama petugas kesehatan setempat, untuk secepatnya melakukan berbagai upaya penanggulangan.

"Kami sudah meminta Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan Pacitan untuk segera mengatasi kasus diare ini secara tuntas," katanya.

Agung menambahkan menurut versi Dinas Kesehatan, diare dipicu adanya virus e coli yang mencemari lingkungan. Bahkan ketersediaan air bersih kurang. Dengan demikian pada setiap musim tertentu menyebabkan munculnya berbagai penyakit menular.

"Ya kalau memang penyebabnya dari air minimal ada kajian. Wilayah sini itu sumber mata air tergolong baik secara kasat mata. Karena air pegunungan dan yang dikonsumsi warga kebanyakan air mineral isi ulang dan sebagian dari PDAM. Masyarakatnya rata-rata juga memiliki jamban," imbuhnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr Hendra Purwaka menyampaikan seluruh pasien diare yang berobat ke rumah sakit maupun puskesmas dan pustu sudah ditangani secara serius, agar diare tidak berkembang. Persediaan obat-obatan dimiliki berbagai fasilitas layanan kesehatan sangat mencukupi.

Dinas Kesehatan juga mendorong petugas kesehatan di puskesmas dan puskesmas pembantu serta layanan kesehatan wilayah terdekat, untuk terus melakukan sosialiasi tentang hidup sehat bagi masyarakat, guna memastikan setiap keluarga terhindar dari kemungkinan terjangkit penyakit diare.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
16:19
04:46
01:55
02:26
02:13
Viral