Sosiolog Universitas Airlangga (Unair), Prof Dr Bagong Suyanto M.Si.
Sumber :
  • Tim tvOne/Sandi Irwanto

Fenomena Pengemis Online yang Mulai Menjamur, Ini Kata Sosiolog

Kamis, 19 Januari 2023 - 14:53 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Perkembangan teknologi telah memberikan dampak yang tidak main-main. FenomenaPengemis online” di platform media sosial TikTok saat ini tengah marak terjadi. Kegiatan tersebut dilakukan oleh kreator konten dengan mengeksploitasi diri sendiri untuk mendapatkan hadiah.

Kegiatan yang dilakukan “Pengemis Online” tersebut pun beragam. Mulai dari mandi lumpur, berendam di air kotor, hingga mengguyurkan diri dengan air dingin selama berjam-jam. Tak jarang, objek eksploitasi tersebut merupakan orang tua atau lansia. Tidak sedikit yang memberikan hadiah, namun banyak juga yang mengecam.

Melihat fenomena tersebut, Sosiolog Universitas Airlangga (Unair), Prof Dr Bagong Suyanto MSi memberikan beragam tanggapan. Menurutnya, substansi dari yang lakukan oleh pengemis tersebut tidaklah berbeda, yaitu meminta belas kasihan orang lain agar ia mendapatkan sesuatu.

“Itu adalah bentuk kreativitas karena menghadapi situasi yang semakin kompetitif. Jadi mengemis ini tidak mudah, makin banyak saingan. Sehingga mereka perlu berkreasi untuk  mendapatkan belas kasihan masyarat untuk memberikan amal karitatifnya,” jelasnya.

Selain itu, Prof Bagong juga menyoroti tentang fenomena kesenangan yang timbul akibat melihat orang menderita. Dalam platform tersebut, masyarakat akan memberi lebih banyak kalau si pengemis “tersiksa” lebih besar, seperti mengguyur lebih banyak hingga berendam lebih lama.

Dari fenomena tersebut pun, ia mengecam adanya kreator konten yang mencoba mengeksploitasi orang tua mereka. Menurutnya, dibelakang layar akan banyak anak muda yang berperan, terutama dalam mengoperasikan media sosial tersebut.

“Itu yang harus ditangkap. Ini masuk kategori orang yang bukan karena terpaksa tapi justru dia mengeksploitasi penderitaan orang-orang yang tidak berdaya untuk memperkaya dirinya sendiri,” ujar Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral